Malam Ini, Indra Sjafri Umumkan Hasil Seleksi Timnas U-22

Kautsar Halim    •    12 Januari 2019 13:40 WIB
timnas indonesia
Malam Ini, Indra Sjafri Umumkan Hasil Seleksi Timnas U-22
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (Medcom.id/Kautsar Zamronih)

Jakarta: Pelatih Indra Sjafri belum bisa mengumumkan langsung pemain pilihannya usai latihan terakhir seleksi tahap pertama Timnas U-22, Sabtu 12 Januari pagi WIB. Ia masih perlu waktu sekitar tiga jam lagi untuk berdiskusi dengan jajaran pelatih.

Untuk memutuskan pemain mana yang bertahan bukan dari suara Indra saja. Tapi, juga harus didiskusikan terlebih dahulu dengan para asisten pelatih seperti Hendro Kartiko, Yunan Helmi dan Nova Ariyanto.

"Mungkin malam nanti, sebelum saya tidur pasti diumumkan," kata Indra kepada wartawan seusai latihan. 

Meski belum bisa langsung diumumkan, Indra mengatakan sudah mengantongi nama pemain yang menjadi pilihan pribadinya. Mereka dipilih bukan berdasar performa selama latihan saja, melainkan berbagai faktor penting lainnya. 

Faktor penting yang dimaksud Indra dalam mencari pemain yang berkualitas meliputu kondisi fisik, performa di lapangan, kecerdasan dan mental bertanding. Semua pemain akan ia nilai satu persatu untuk kemudian dibuatkan ranking dalam tiap lini. 

"Secara kasat mata dari laga internal tadi, mungkin saja tidak ada yang dicoret. Tapi, saya sudah mengetahui siapa saja yang dicoret karena punya banyak informasi lainnya," tutur Indra. 

"Kemudian, tiap posisi terdapat tiga pemain. Para pemain tersebut kami peringkatkan dan yang urutan ketiga itu, Bismillah akan saya coret," tambahnya.

Kendati demikian, Indra sempat memberi petunjuk bahwa sebagian besar pemain yang bakal bertahan berasal dari timnas U-16 dan U-22. Sebab dia cukup kagum dengan progres yang ditunjukkan.

"Ada beberapa nama yang menjadi kejutan. Tapi kebanyakan dari yang sudah memiliki pengalaman internasional selama ini yang dimulai dari timnas U-16 dan U-19. Mereka semua punya kualitas lebih," tutup Indra.

Seleksi timnas U-22 tahap pertama berlangsung sejak Senin 7 Januari lalu. Terhitung dari 38 pemain yang dipanggil hanya tiga orang saja yang absen, yakni Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani dan Ezra Walian karena belum mendapat restu dari klubnya masing-masing. 

Pekan depan sudah langsung dilakukan seleksi timna U-22 tahap kedua. Rencananya, Indra juga bakal memanggil sejumlah nama baru untuk berbagai lini.

 


(REN)