Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia

Tak Ikut Mengheningkan Cipta Melawan Australia, Arab Saudi Meminta Maaf

A. Firdaus    •    09 Juni 2017 08:00 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Tak Ikut Mengheningkan Cipta Melawan Australia, Arab Saudi Meminta Maaf
Suasana mengheningkan cipta sebelum laga Australia vs Arab Saudi (Foto: Twitter Lukennun89)

Metrotvnews.com, Adelaide: Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) meminta maaf karena tidak ambil bagian dalam mengheningkan cipta saat melawan Australia, Kamis 8 Juni. Mereka juga memberikan alasan kenapa tidak ikut prosesi tersebut.

Insiden itu terjadi pada saat Arab Saudi bertandang menghadapi Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Adelaide, kemarin. Sesaat sebelum pertandingan dimulai, terlebih dulu para ofisial pertandingan dan para pemain mengheningkan cipta, untuk mengenang korban tragedi bom di London Bridge dan Borough Market.

Para pemain Australia mengepalkan tangan mereka di tengah lapangan untuk menghormati delapan korban, di mana dua di antaranya berasal dari Australia. Namun tak demikian dengan sang tamu.

Klik di sini: Bus The Jakmania Diserang Kelompok Pemuda Tak Dikenal

Sebelas pemain Arab Saudi yang berada di lapangan justru tak mengikuti prosesi mengheningkan cipta. Meski tak mengambil bagian, Omar Hawsawi dan kolega tetap terdiam, sambil menuju ke posisi mereka masing-masing.

Aksi itu mengeluarkan respons negatif di media sosial, meski pihak ofisial Arab Saudi sudah memberitahukan kepada perangkat pertandingan bahwa mereka tidak akan ambil bagian. Mereka berdalih mengheningkan cipta atau minute silence bukan dari budaya mereka.

"Federasi Sepak Bola Arab Saudi sangat menyesalkan dan tanpa syarat meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan oleh beberapa anggota tim Kerajaan Arab Saudi dalam mengheningkan cipta untuk mengenang korban serangan teroris di London pada 3 Juni 2017, sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Australia di Adelaide," demikian pernyataan maaf dari SAFF.

Klik di sini: Singapura Tak Berdaya dengan Permainan Cantik Timnas U-16

"Para pemain tidak bermaksud untuk tidak menghormati dan mengenang para korban. Mereka tidak bermaksud menyebabkan keluarga korban, teman, atau individu marah atas insiden kejam tersebut," lanjutnya.

"Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengecam semua tindakan terorisme dan ekstremisme dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga semua korban dan pemerintah dan rakyat Inggris Raya," tutup pernyataan tersebut.

Pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia itu berakhir dengan kekalahan Arab Saudi 2-3. Kendati demikian, posisi skuat asuhan Bert van Marwijk di papan klasemen grup B masih lebih baik dibandingkan dengan Australia.

Meski kedua tim memiliki poin sama, yaitu 16. Arab Saudi berada di peringkat kedua lantaran memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan dengan Socceroos yang berada di posisi ketiga.

Aktivitas Ramadan Karim Benzema di Turki
 


(FIR)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

9 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /