Beda Pemain Indonesia dan Pemain Luar versi Indra Sjafri

Muhammad Al Hasan    •    28 Januari 2019 23:01 WIB
piala affTimnas U-22Indra Sjafri
Beda Pemain Indonesia dan Pemain Luar versi Indra Sjafri
Indra Sjafri saat memimpin pemusatan latihan Timnas U-22 jelang tampil di Piala AFF U-22. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Komitmen menjadi hal utama yang membedakan pemain luar negeri dengan pemain Indonesia. Indra Sjafri berharap, ke depannya para pemain lokal juga memiliki komitmen yang sama, utamanya anak-anak asuhnya di Timnas U-22 yang akan berlaga di Piala AFF U-22 pada 17-26 Februari 2019. 

Jakarta:
Indra Sjafri mendapat banyak pelajaran saat berkunjung ke Spanyol. Di sana, ia melihat perbedaan antara para pemain Indonesia dengan pemain luar.

Indra Sjafri terbang ke Spanyol untuk mengambil lisensi kepelatihan AFC Pro bersama dengan sejumlah pelatih klub dalam negeri. Di sana, selain melahap materi tentang kepelatihan, Indra juga berkesempatan melihat metode kepelatihan di klub terbesar di Spanyol, Real Madrid.

Dari kunjungannya ke Madrid tersebut, Indra melihat ada perbedaan yang mencolok antara para pemain Indonesia dan pemain luar, terutama saat menjalani sesi latihan.
 

Baca: Jokdri Jawab Wacana Liga 1 hanya Melibatkan 10 Klub


"Yang perlu diberikan pencerahan ke pemain kita adalah bagaimana komitmen pemain. Di sana latihan dengan situasi kondisi cuaca dan sebagainya, mereka berkomitmen dan itu berlaku untuk semua level dari umur 14 sampai tim utama mereka," ungkap dia.

"Mereka semangat latihannya, tidak pernah kendur meski suhu rendah, dan hari hujan dan lain sebagainya," imbuhnya.

Apa yang dilakukan para pemain di Spanyol diharapkan dapat dicontoh anak-anak asuhnya di skuat Timnas Indonesia U-22 yang tengah bersiap tampil di Piala AFF U-22 pada 17-26 Februari mendatang.
 

Baca juga: Piala AFF U-22: Kepastian Ezra & Egy Bela Timnas Masih Abu-abu


Saat ini, Indra tengah mengasah taktik permainan Witan Sulaiman dan kawan-kawan. Pada sesi latihan pertama sekembalinya dari Spanyol, Senin 28 Januari 2019, Indra langsung mengasah taktik bertahan para pemainnya selama dua jam sesi latihan, mulai dari jam 08.30 WIB.

Sebelum tampil di Piala AFF di mana Timnas U-22 tergabung di Grup B bersama Myanmar (18/2), Malaysia (20/2) dan tuan rumah Kamboja (22/2), skuat Garuda akan lebih dulu melakoni dua laga uji coba melawan klub Liga 1, yakni Bhayangkara FC (6 Februari) dan bertandang ke markas Persebaya Surabaya pada 9 Februari.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Vigit Waluyo Akui Bantu Tiga Klub Raih Kemenangan



(ACF)