Piala Asia 2019

Jepang Menang Tipis Atas Turkmenistan

Gregorius Gelino    •    09 Januari 2019 20:42 WIB
piala asia 2019
Jepang Menang Tipis Atas Turkmenistan
Pemain Jepang merayakan gol yang dicetak Yuya Osako (AFP/Khaled Desouki)

Abu Dhabi: Jepang harus bersusah payah untuk menaklukkan perlawanan tim lemah Turkmenistan di laga perdana grup F Piala Asia 2019. Samurai Biru hanya mampu menang tipis 3-2 dari Tukrmenistan.

Tim Matahari Terbit sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama. Namun, mereka sukses mencetak tiga gol di babak kedua untuk memastikan tiga poin di laga perdana. Yuya Osako menjadi pahlawan Jepang berkat dua golnya di babak kedua.

Jepang tampil dominan dengan menguasai 70 persen penguasaan bola. Mereka juga melepaskan 21 tendangan, namun hanya enam yang tepat sasaran.

Jepang dikejutkan oleh Turkmenistan setelah Arslanmyrat Amanow membawa tim asuhan Yazguly Hojageldyyew unggul di menit ke-26. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Turkmenistan.

Di babak kedua, Jepang makin gencar melancarkan tekanan. Alhasil, pasukan Hajime Moriyasu sukses menyamakan kedudukan di menit ke-56 melalui Yuya Osako.

Osako membawa negaranya unggul di menit ke-60 setelah penyerang Werder Bremen itu menyambut umpan Yuto Nagatomo.

Jepang semakin tidak terbendung setelah Ritsu Doan mencetak gol ketiga di menit ke-71. Penyerang 20 tahun itu mencetak gol setelah mendapat umpan Takumi Minamino.

Turkmenistan sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-79 melalui penalti Ahmet Atayew setelah kiper Shuichi Gonda melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Skor 3-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Jepang memimpin klasemen sementara dan Turkmenistan berada di dasar klasemen.

Susunan pemain:
Jepang (4-2-3-1): Gonda; Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; Tomiyasu, Shibasaki; Doan, Minamino (Kitagawa 73'), Haraguchi; Osako

Turkmenistan (5-4-1): Orazmuhamedov; Annaorazov, Saparow, Babajanov, Wezirgeldi, Batyrow; Mingazow (Titow 85'), Hojayew, Atayew, Amanow (Yagsyyev 69'), Orazsahedov (Annadurdyyew 59')

Video: Lasmi Indaryani Siap Bongkar Pengaturan Skor di Liga 3

 



Video /