Andrea Pirlo Gantung Sepatu

Pujian, Fakta Unik dan Kejailan Andrea Pirlo

Gregah Nurikhsani Estuning    •    07 November 2017 20:10 WIB
Pujian, Fakta Unik dan Kejailan Andrea Pirlo
Andrea Pirlo. (Foto: www.nycfc.com)

Metrotvnews.com, New York: Andrea Pirlo dikenal dengan pesepak bola andal dengan pembawaan tenang. Kepiawaiannya di lapangan membuat banyak pujian mengalir deras dari sesama atlet sepak bola. Di sisi lain, Pirlo juga dikenal sebagai pribadi yang jail dan suka iseng.

Sosok berusia 38 tahun itu akhirnya gantung sepatu. Tidak begitu jelas penyebab Pirlo pensiun, namun tampaknya faktor usia ditambah kegagalan membawa New York City FC menembus babak final Liga Amerika Serikat (MLS) membuat dirinya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karier profesionalnya sebagai pesepak bola.

Sepanjang perjalanan kariernya, Pirlo pernah satu tim dengan banyak pesepak bola hebat. Andriy Shevchenko, Del Piero hingga David Villa sempat merasakan servisnya dari lini tengah.

Kehebatannya mengolah si kulit bundar juga tidak perlu diragukan lagi. Dikenal sebagai playmaker dingin dan kalem, pujian silih berganti dari aktor lapangan sepak bola. Wajah khasnya juga kerap kali menjadi bahan meme dari pengguna internet dengan berbagai macam tema.

Di luar lapangan, siapa sangka Pirlo juga punya kesibukan unik yang jauh dari kerasnya sepak bola. Berikut ini Metrotvnews.com menyajikan deretan pujian, fakta unik sampai tingkah jail si pemain:
 

Baca: Andrea Pirlo Memutuskan Pensiun


Pujian-pujian
"Jantungnya berdetak sangat lamban, mungkin 35 kali per menit. Maksud saya, penjiawaannya begitu tenang, baik di dalam mau pun luar lapangan," Gianluca Vialli - mantan penyerang timnas Italia.

"Saat Andrea bilang kepada saya dia bergabung (dengan Juventus), satu hal yang ada di pikiran saya adalah, 'Tuhan memang nyata'," Gianluigi Buffon - Juventus.

"Pirlo adalah pemimpin yang hening. Dia berbicara dengan kakinya," Zbigniew Boniek - mantan penyerang Juventus.

"Tiap kali saya melihat Pirlo menguasai bola, saya bertanya kepada diri saya sendiri apa benar saya layak menjadi pesepak bola," Gennaro Gattuso - mantan pemain AC Milan dan timnas Italia.
 

Baca: David Moyes Resmi jadi Pelatih Anyar West Ham United


"Spektakuler! Kami bermain di berbagai level sebelum akhirnya bertemu sebagai profesional, yakni ketika dia bermain untuk Italia, AC Milan dan Juventus. Saya selalu menjadi penggemar dan pengidola Pirlo," Xavi Hernandez - mantan pemain Barcelona dan timnas Spanyol.

"Saya pikir Pirlo berarti banyak bagi Juventus. Dia adalah pribadi yang profesional. Dia adalah contoh terbaik untuk pemain muda. Banyak pemain muda yang ingin meniru gayanya," Patrick Vieira - mantan pemain Juventus dan Arsenal.

Jailnya Pirlo
Pirlo mungkin saja punya pembawaan yang tenang dan kalem sekali pun saat berada dalam tekanan. Tapi pemain-pemain yang pernah satu tim dengannya memandang Pirlo sebagai pribadi yang jail dan suka iseng.

Gattuso, mantan rekan setimnya di AC Milan punya pengalaman kocak saat keduanya masih satu tim. Pirlo dengan isengnya mencuri ponsel Gattuso dan melakukan hal yang tak terduga.

"Suatu ketika dia mengambil ponsel saya dan mengirimkan SMS kepada Direktur Milan, Ariedo Braida. Dia lalu berpura-pura menjadi saya dan mengirim pesan singkat jika saya akan memberikan putrinya demi mendapatkan kontrak baru," cerita Gattuso.
 

Baca: Comvalius Ungkap Alasan Pertengkaran dengan Lilipaly


Fakta Unik
Mungkin banyak yang tidak tahu jika Pirlo adalah seorang wine expert atau orang yang ahli di bidang minuman anggur. Tahun 2007 silam, ia dan ayahnya membuka sebuah pabrik pengolah anggur di Brescia.

"Sejak dulu saya selalu meminum anggur. Saat kecil, ibu saya sering memberikan anggur yang dioplos dengan air putih. Saya suka membaca segala sesuatu mengenai anggur, memahami anggur, dan mencicipi anggur dari daerah lain atau merk lain," tutur Pirlo.

Di Brescia, ada cocktail bernama The Pirlo. Sebenarnya nama itu diberikan oleh media New York Times. The Pirlo bahkan menjadi minuman paling enak tahun 2017.

Kembali ke atas lapangan, Pirlo juga dicintai oleh banyak penikmat sepak bola. Dirinya juga didapuk sebagai pemain kedua Juventus setelah Alessandro Del Piero yang mendapatkan standing ovation dari pendukung Real Madrid di Santiago Bernabeu pada tahun 2015 silam.

Selain itu, Pirlo tercatat pula sebagai satu dari 11 pemain yang pernah berseragam tiga tim besar Italia, yakni Juventus, AC Milan dan Inter Milan. Kesepuluh pemain lainnya adalah Luigi Cevenini, Giuseppe Meazza, Enrico Candiani, Aldo Serena, Roberto Baggio, Edgar Davids, Christian Vieri, Patrick Vieira, Zlatan Ibrahimovi? and Leonardo Bonucci.

Video: Video: Perbasi Cup 2017 Resmi Dimulai
 
(ASM)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /