Profil Peserta Piala AFF 2018: Kamboja

Profil Timnas Kamboja: Menanti Tuah Keisuke Honda

M. Rizky Adhestian    •    07 November 2018 10:55 WIB
piala aff
Profil Timnas Kamboja: Menanti Tuah Keisuke Honda
Timnas Kamboja. (Foto: FFT)

Jakarta: Piala AFF 2018 atau edisi ke-12 ini merupakan ajang yang ketujuh dalam sejarah Timnas Kamboja. Tidak heran jika tim berjuluk The Angkor Warriors itu bukan menjadi kekuatan yang patut dipertimbangkan pada ajang sepak bola Asia Tenggara tersebut.

Tahun ini, Kamboja memang belum memperlihatkan kekuatan yang menakutkan. Dari lima laga terakhir, mereka harus menelan empat kekalahan. Kemenangan terakhir diraih saat mengalahkan Laos 0-1 pada 22 Maret silam.

Dalam enam kali partisipasinya di Piala AFF, Kamboja belum pernah sekalipun mencapai putaran semifinal. Catatan kemenangan Kamboja hanya berjumlah 22 pertandingan selama partisipasinya tersebut.

Kendati demikian, penampilan Kamboja pada Piala AFF 2016 silam boleh membuat para fansnya sedikit berharap. Terutama, karena untuk pertama kalinya, mereka kembali lolos kualifikasi sejak 2008. Saat itu, Kamboja datang dengan mayoritas kekuatan pemain muda.

Piala AFF 2016 juga memperlihatkan Kamboja sedikit-demi sedikit merapatkan jarak kekuatan dengan tim-tim top Asia Tenggara. Kamboja sempat hampir mengalahkan Malaysia setelah sempat mengungguli kedudukan dua kali, namun pada akhirnya harus takluk dengan skor 3-2.

Satu hal yang menarik dinanti dari Kamboja adalah pelatih baru mereka, Keisuke Honda. Namun, eks pemain veteran Timnas Jepang dan AC Milan itu belum pasti untuk mengawal langsung Kamboja di Piala AFF 2018.

Pada Piala AFF 2018 ini, Kamboja tergabung dalam Grup A bersama Laos, Myanmar, dan dua kekuatan besar, yakni Malaysia dan Vietnam. Kamboja akan melakoni laga pembuka turnamen ini saat menjamu Malaysia pada Kamis 8 November besok.

Baca: Profil Timnas Laos: Tak Ingin jadi Tim Penggembira


Pelatih
Keisuke Honda

Pada Agustus kemarin, Keisuke Honda Honda sepakat menjadi pelatih sekaligus General Manager bagi Timnas Kamboja. Ia meneken kontrak berdurasi dua tahun tanpa menerima gaji.

Fenomena antara Honda dan Timnas Kamboja memang jarang terjadi di dunia sepak bola. Pasalnya, Honda masih berstatus pemain klub Liga Primer Australia, Melbourne City, saat menerima jabatan tersebut.

Hal tersebut membuat kehadiran Honda belum bisa dipastikan pada turnamen Piala AFF 2018 ini. Sebab, pemain berusia 32 tahun itu masih harus menyelesaikan tugasnya di Melbourne. Ia dikabarkan baru bisa mengawal Timnas Kamboja pada 12-20 November, saat jadwal jeda internasional dari FIFA.

Jabatan kepala pelatih klub merupakan sesuatu yang sangat baru bagi Honda. Ia mencicipi peran ini setelah memutuskan pensiun dari Timnas Jepang selepas Piala Dunia 2018.

Honda sebelumnya sudah membuat debutnya mengawal TImnas Kamboja pada laga persahabatan kontra Malaysia, 9 Oktober silam. Namun, debutnya itu harus berakhir dengan kekalahan 1-3.

Felix Dalmas
Sebagai pengganti Honda, Timnas Kamboja akan dikawal oleh Felix Dalmas, yang juga merupakan seorang pelatih muda. Tida ada rekor spesial bagi Dalmas yang nantinya akan menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Piala AFF.

Pemain Bintang
Thierry Chantha Bin


(Foto: Fox Sports Asia)

Satu pemain yang patut dipertimbangkan dari Timnas Kamboja ialah gelandang bertahan mereka, Thierry Chantha Bin. Gelandang 27 tahun itu merupakan pemain krusial dari Timnas Kamboja sejak awal musim ini.

Perkembangan Chanta Bin sangat terlihat dari penampilannya bersama klub asal Liga Malaysia, Terengganu, pada musim 2018 ini. Ia membawa Terengganu menjadi runner-up Piala Malaysia, setelah baru satu tahun promosi ke liga utama.

Chanta Bin diprediksi bakal menjadi salah satu motor permainan Timnas Kamboja di lini tengah. Ia juga pastinya merupakan tameng yang tidak mudah dilewati sebagai lapisan pertahanan pertama.

Profil Timnas Kamboja di Piala AFF 2018
Julukan: The Angkor Warriors
Partisipasi: 7 kali
Prestasi terbaik: Fase Grup
Pemain bintang: Thierry Chantha Bin (gelandang bertahan)
Pelatih: Keisuke Honda (Jepang) / Felix Dalmas (Argentina)

Skuat Kamboja di Piala AFF 2018

Kiper: 
1. Um Vichet 
2. Keo Sok Sela 
3.Chea Vansak

Bek: 
4. Set Rosib 
5.Hong Pheng 
6.Chheng Meng 
7.Sareth Kriya 
8.Soeuy Visal 
9. Nen Sothearoth 
10.Sor Piseth

Gelandang: 
11. Prak Mony Oudom
12. Chin Chhoeun
13. Kouch Sokumpheak 
14. Kouch Dany
15. Orn Chan Polin
16. Bin Chantha Thierry
17. Tit Dina
18. Sos Souhanna

Striker: 
19. Chan Vathanaka
20. Prak Thiva
21. Sin Kakada
22. Keo Sokpheng
23. Roueng Bunheang 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018


(ASM)


Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste
Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste

14 minutes Ago

Bermain di hadapan publik sendiri, Indonesia memang pantas menang atas Timor Leste, setidaknya …

BERITA LAINNYA
Video /