Final Liga Europa: Olympique Marseille vs Atletico Madrid

Mengupas Sosok Penting di Marseille dan Atletico

Alfa Mandalika    •    16 Mei 2018 09:45 WIB
liga dunialiga europa 2017--2018
Mengupas Sosok Penting di Marseille dan Atletico
Dok. UEFA

Jakarta: Olympique Marseille kontra Atletico Madrid menjadi sajian penutup Liga Europa musim ini. Kedua tim sejauh ini punya produktivitas gol yang cemerlang.

Marseille yang memulai Liga Europa dari penyisihan grup tercatat sudah melesakkan 20 gol. Catatan ini mengindikasikan bahwa skuat Rudi Garcia bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Atletico Madrid.

Pun begitu dari kubu Atletico. Mereka mengemas 14 gol sejak tampil dari babak 32 besar.

Kecemerlangan Marseille dan Atletico mencapai final tak lepas dari kehadiran sosok penting yang dimiliki masing-masing klub. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Marseille
Dimitri Payet
Dimitri Payet menjadi pemain yang punya peran krusial bagi Marseille. Berposisi sebagai playmaker, Payet kerap menjadi pemecah kebuntuan Marseille.

Aksinya saat Marseille mengalahkan Salzburg menjadi bukti bahwa Payet punya pengaruh besar. Kala itu, Payet memberikan assist kepada Rolando dan membuat skor menjadi 2-1. Marseille akhirnya lolos lantaran menang agregat 3-2.

Payet yang didatangkan dari West Ham United dua musim lalu langsung menunjukkan kemampuan terbaik. Total, Payet sudah memainkan 46 laga dan menciptakan 10 gol. 

Aksi Payet kembali ditunggu saat Marseille menghadapi Atletico Madrid dini hari nanti. Apakah pesepak bola 31 tahun itu akan menjadi pembeda? 

Florian Thauvin
Selain Payet, kekuatan yang dimiliki Marseille berada pada diri striker muda Florian Thauvin. Diboyong dari Newcastle United, Thauvin tampil oke dalam dua musim terakhir.

Total, Thauvin sudah mempersembakan 37 gol bagi Marseille. Pada partai final nanti, Thauvin wajib diwaspadai oleh barisan pertahanan Atletico.

Rudi Garcia
Marseille resmi menunjuk pelatih Rudi Garcia pada musim 2016. Baru dua tahun melatih Marseille, dia mampu membawa Marseille ke final Liga Europa 2017 -- 2018.

Garcia memang tidak asing dengan persaingan di Ligue 1. Sebab, dia sempat memberikan Lille gelar juara pada 2010 -- 2011. Namun, jika berbicara Liga Europa ini adalah pencapaian terbaik Garcia dengan membawa Marseille ke final.

Kehadiran Garcia mampu memuat permainan Marseille lebih atraktif dan produktif. Setidaknya, catatan 20 gol sepanjang Liga Europa musim ini menjadi bukti agresivitas Marseille.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Final Liga Europa Dini Hari Nanti


Atletico Madrid
Antoine Griezmann
Kendati Atletico diperkuat oleh Diego Costa dan Fernando Torres, nama Antoine Griezmann tetap menjadi andalan. Griezmann bahkan bisa tampil konsisten di tengah isu kepindahannya ke Barcelona.

Salah satu momen kunci Griezmann ialah saat bersua Arsenal pada babak semifinal. Ketika itu, Griezmann mampu menyamakan kedudukan dan membuat kans Arsenal ke final kian sulit.

Kini, Griezmann mendapatkan tantangan lain dari Marseille. Apabila berada dalam kondisi fit, bukan mustahil Griezmann jadi kunci kemenangan Atletico.

Saul Niguez
Berada di lini kedua, Saul Niguez menjadi alternatif bagi Atletico andai kesulitan membongkar pertahanan Marseille. Kemampuannya dalam menggiring bola menjadi nilai plus bagi pemain asal Spanyol ini.

Saul Niguez tercatat selalu menjadi andalan di lini tengah. Buktinya, sepanjang musim ini, Saul nyaris tak pernah absen membela Atletico.

Diego Simeone
Siapa aktor penting mulusnya Atletico ke final pantas disematkan kepada Diego Simeone. Selain menjadi juru taktik, Simeone dikenal punya kemampuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh pemain Atletico.

Kendati Simeone harus menyaksikan skuatnya dari tribun penonton karena mendapatkan hukuman dari UEFA, tetap saja Atletico tak bisa di pandang sebelah mata. Apalagi, melihat pengalaman, Atletico sudah terbiasa menghadapi atmosfer apabila tampil di partai final.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Tanggapan Jakmania Usai Persija Gagal ke Final Piala AFC


(ASM)


Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid
Jelang Real Madrid vs Liverpool

Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid

46 minutes Ago

Nasib Gareth Bale di skuat utama Real Madrid untuk final Liga Champions Minggu 27 Mei dini hari…

BERITA LAINNYA
Video /