UEFA akan Gelar Kompetisi Kasta Ketiga untuk Klub Eropa pada 2021

A. Firdaus    •    12 September 2018 14:20 WIB
liga dunia
UEFA akan Gelar Kompetisi Kasta Ketiga untuk Klub Eropa pada 2021
Ketua European Club Association (ECA), Andrea Agnelli (Foto: AFP/MIGUEL MEDINA)

Turin: Konfederasi sepak bola Eropa (UEFA) akan memperkenalkan kompetisi kasta ketiga untuk klub di Benua Biru. Bahkan menurut asosiasi tim-tim terbesar Eropa, kompetisi kasta ketiga tersebut akan dimulai pada 2021.

Ketua European Club Association (ECA), Andrea Agnelli, yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif UEFA, mengatakan telah memberikan lampu hijau untuk wacana tersebut. Sayangnya, belum ada rincian mengenai format kompetisi.

"Model saat ini perlu dimodernisasi," kata Agnelli yang juga pemilk Juventus.

Berbicara pada sidang umum tahunan ECA di Kroasia, Agnelli mengatakan, kompetisi ketiga akan meningkatkan jumlah klub yang terlibat dalam sepak bola Eropa. Dari 80 klub menjadi 96 klub.

Dengan adanya kompetisi ini, maka peserta Liga Europa bakal berkurang dari 48 menjadi 32. Sehingga ada kesamaan peserta di setiap tiga kompetisi Eropa tersebut. Yaitu masing-masing berisikan 32 klub.

Meski diberikan lampu hijau, klub-klub dari liga-liga Eropa, seperti Liga Primer Inggris dan Liga Primer Skotlandia menentang rencana tersebut. Bahkan sekretaris jenderal Liga-Liga Eropa, Alberto Colombo, mengatakan tidak senang dengan proses tersebut.

"Kami tidak senang dengan proses itu sama sekali, karena ini adalah sesuatu yang telah disiapkan dan direncanakan oleh UEFA dan ECA tanpa keterlibatan yang tepat," ujar Colombo.

Sejatinya, kompetisi ketiga untuk klub Eropa ini bukanlah hal baru. Pada 1960 juga pernah digelar kompetisi ketiga tersebut yang dikenal dengan Piala Winnner. Turnamen yang mempertemukan para juara piala liga di masing-masing negara, hingga akhirnya pada 1999 tak lagi digelar.

Gol Tunggal Evan Dimas Menangkan Indonesia atas Mauritius



(ASM)


Video /