Kualifikasi Piala Dunia 2018: CONMEBOL

Menghitung Peluang Argentina Lolos ke Piala Dunia 2018

Achmad Firdaus    •    10 Oktober 2017 17:05 WIB
kualifikasi piala dunia 2018timnas argentina
Menghitung Peluang Argentina Lolos ke Piala Dunia 2018
Ekspresi kekecewaan Lionel Messi saat Argentina ditahan imbang Peru (Foto: AFP PHOTO / Eitan ABRAMOVICH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Argentina tengah berada di ujung tanduk. Lionel Messi dan kawan-kawan menemui jalan terjal untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Jelang pekan terakhir pada babak kualifikasi, Rabu 11 Oktober pagi WIB, pertarungan di zona CONMEBOL (Amerika Selatan) masih sangat sengit.

Dari total 10 negara yang bersaing, baru Brasil yang memastikan diri lolos ke Rusia. Sementara itu, enam negara masih punya peluang untuk merebut tiga tiket lolos otomatis dan satu playoff. Mereka di antaranya, Uruguay (28 poin), Cile (26), Kolombia (26), Peru (25) dan Argentina (25).

Dari enam tim di atas, Argentina berada di posisi paling sulit. Messi dan kolega berada di luar zona lolos otomatis maupun playoff karena duduk di posisi enam usai kalah agresivitas gol dari Peru di zona playoff.

Potensi terulangnya tragedi 47 tahun silam pun mengemuka di mana Argentina gagal lolos ke Piala Dunia 1970 di Meksiko. Apalagi, jika melihat lawan yang harus dihadapi La Albiceleste pada partai pamungkas babak kualifikasi.
 

Baca: Jelang Partai Hidup Mati, Skuat Argentina Dinilai akan Susah Tidur


Pada laga maha penting nanti, Argentina harus bertandang ke Ekuador, negara yang selalu menyulitkan buat tim-tim hebat di kawasan Amerika Selatan. Bukan dikarenakan memiliki pemain-pemain kelas dunia, tapi karena diuntungkan oleh letak geografis negaranya yang menyulitkan secara fisik.

Fakta bahwa Ekuador terletak di dataran tinggi atau pegunungan menjadi keuntungan, karena, setiap tim (dari dataran yang lebih rendah) selalu kesulitan mengeluarkan performa terbaiknya karena terserang Hipoksia --kesulitan bernafas karena tingkat udara yang tipis--.

Argentina menjadi satu dari sekian banyak negara yang kerap menuai hasil minor saat bertandang ke Ekuador. Dalam lima kunjungan terakhirnya ke Ekuador, Argentina hanya sekali menang. Itupun sudah sangat lama, yakni pada 2001 --sekitar 16 tahun lalu--. Sementara dua pertemuan terakhir keduanya berkesudahan dengan hasil imbang.

Laga Ekuador kontra Argentina rencananya akan dihelat di kawasan Quito atau tepatnya di Stadion Olimpico Atahualpa yang berada di ketinggian 2.782 meter di atas permukaan laut --hampir setara dengan puncak Gunung Gede, Jawa Barat (2.958m)--.

Sejatinya, Ekuador sudah tidak memiliki kepentingan pada laga nanti karena mereka sudah dipastikan gagal lolos. Meski begitu, Antonio Valencia dan kawan-kawan tentunya ingin menjaga rekor bagus mereka atas Argentina.

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli harus memutar otak mengatasi permasalahan non-teknis di atas. Sebab, Argentina hanya punya satu opsi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018, yakni menang!

Jika berhasil meraih kemenangan atas Ekuador, Argentina tidak perlu lagi memikirkan hasil pertandingan lain untuk setidaknya mengamankan tiket playoff. Sebab, pada pertandingan lain, Peru akan melakoni laga hidup mati melawan Kolombia. Sehingga, apapun hasil pada pertandingan Peru vs Kolombia, Argentina akan naik posisi jika berhasil mengalahkan Ekuador.
 

Baca juga: Sampaoli Minta Pemain Argentina Meniru Messi


Kemenangan atas Ekuador juga bisa membawa Argentina lolos otomatis ke Rusia. Syaratnya, pada pertandingan lain, Peru bermain imbang kontra Kolombia, atau Cile kalah/imbang melawan Brasil.

Skenario terburuk yang bisa membawa Argentina mengamankan tiket playoff adalah bermain imbang. Namun hal itu terlalu riskan. Sebab, Argentina harus menggantungkan nasib di pertandingan lain -dalam hal ini laga Peru kontra Kolombia.

Jika Argentina bermain imbang kontra Ekuador, maka, Messi dan kawan-kawan harus berdoa agar pada pertandingan lain Peru kalah dari Kolombia. Andai skenario ini terjadi, Argentina berhak menyalip posisi Peru di urutan lima dengan hanya selisih satu poin.

Bagaimana jika Peru yang berhasil mengalahkan Kolombia? Andai hasilnya demikian, kondisinya akan semakin rumit. Karena, selain Argentina dan Kolombia, Cile juga berpotensi mengoleksi poin sama, yakni 26 andai kalah dari Brasil. Mereka akan memperebutkan dua tiket tersisa (tiket otomatis dan playoff).

Dengan kondisi demikian, maka, penentuan tim yang berhak menggenggam satu tiket otomatis dan satu tiket playoff akan ditentukan lewat beberapa skenario, di antaranya selisih gol dan produktivitas gol di antara ketiga tim yang memiliki poin sama di akhir babak kualifikasi.

Video: ?Warga Mesir Rayakan Kemenangan Sang Firaun
 


(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /