Marchisio ke Zenit

Berakhirnya Kisah Cinta Il Principino dan Keyakinannya Merapat Bersama Zenit

A. Firdaus    •    05 September 2018 17:40 WIB
liga dunia
Berakhirnya Kisah Cinta Il Principino dan Keyakinannya Merapat Bersama Zenit
Claudio Marchisio. (AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO)

St Petersburg: Claudio Marchisio, jebolan akademi Juventus yang harus hengkang dari Turin. Menumpuknya para pemain Juventus yang berposisi di lini tengah, membuatnya memilih memutuskan hubungan berusia 13 tahun dengan si Nyonya Tua. 

Segudang prestasi sudah dikantongi Marchisio saat berseragam Hitam Putih. Mulai dari tujuh kali menggenggam scudetto secara beruntun, hingga masuk ke tim terbaik Liga Champions 2014 -- 2015.

Bukti cintanya Marchisio terhadap Juve terlihat ketika ia ikut membela Bianconeri terjerembab ke Serie-B pada musim 2006--2007. Marchisio juga kerap menjadi jenderal lapangan tengah dalam kurun waktu satu dekade terakhir ini.

Tapi apa daya, seiring banyaknya pemain yang direkrut oleh Juve, yang kebetulan berposisi sama seperti dia. Ditambah lagi masih energik, 'Pangeran Kecil' ini sadar bahwa takkan ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak bersama klub yang sejak kecil ia bela itu. 

Klik di sini: Courtois Beberkan Alasan tidak Dipilih Lopetegui

Marchisio menjadi satu dari dua ikon kesuksesan Bianconeri yang merajai Serie-A dalam tujuh musim terakhir. Sebelumnya ada Gianluigi Buffon yang hengkang dan merapat ke Paris Saint Germain pada musim panas 2018 ini.

Tak seperti Buffon yang bergabung dengan salah satu kekuatan Eropa, pemain berjuluk Il Principino ini memilih berkostum Zenit St Petersburg untuk musim depan. Tepatnya pada 3 September 2018, Marchisio resmi memulai harapan baru bersama Zenit.

Lantas apa alasan Marchisio menghabiskan kariernya bersama klub asal Rusia tersebut? Javier Ribalta merupakan kunci kesuksesan bagaimana pemain berusia 32 tahun itu mau merapat ke Zenit.

Ribalta merupakan mantan salah satu pemandu bakat Juve antara 2012 hingga 2017. Pria asli Catalan itu mengungkapkan, bagaimana hubungan dekatnya dengan Marchisio.

"Ketika saya mengetahui pada 17 Agustus Marchisio telah mengakhiri kontraknya dengan Juve, saya segera menelepon Claudio," kata Ribalta kepada Tuttosport.

Klik di sini: Suarez Soal Dominasi Madrid dan Prihatinnya Terhadap Messi

“Tidak ada perantara: Saya mengenalnya dengan baik dari lima tahun saya di Juventus. Dia tampak tertarik dan tertarik dengan proyek kami sejak saat pertama," sambungnya.

“Sejujurnya saya tidak pernah takut dia akan memilih klub yang berbeda, karena Claudio sejak dari percakapan pertama kami melalui telepon, sangat jelas pada dua prioritasnya," tegasnya.

Dua prioritas yang dimaksud Ribalta adalah tim yang akan dia bela tidak berpapasan dengan Juventus demi menghormati penggemar mereka (Juventini). Memang pada musim 2018--2019, Zenit gagal menembus Liga Champions. Kedua, berjuang untuk menang, itu sangat penting bagi Marchisio. 

"Katakanlah saat ini kami berharap untuk menghadapi risiko menghadapi Juventus musim depan!," canda Ribalta.

“Claudio segera meyakinkan saya: saya tidak menganggapnya sedih tetapi termotivasi dan bersemangat untuk mencoba petualangan semacam ini," tambahnya.

Di Saint Petersburg, fan Juve juga tak sedikit. Itu juga menjadi salah satu alasan Marchisio merapat ke klub berjuluk Zenitchiki. 

“Claudio kemudian mengirimi saya pesan di WhatsApp minggu lalu: Javier, Anda tahu saya sudah terbiasa menang dan saya ingin terus menang. Saya yakin itu untuk Zenit, itu akan menjadi bagus," jelas Ribalta.

"Fan kami senang, ditambah ada banyak suporter Juventus di St Peterburg, tapi Marchisio adalah pemain penting, terutama pada level teknis: Saya harap dia menambahkan mental kemenangannya yang luar biasa kepada tim kami," tegasnya.

Bersama Zenit, Marchisio tak bisa menggunakan nomor favoritnya, 8. Dikarenakan sudah diambil oleh Matias Kranvitter dan tak bisa diubah karena alasan regulasi. Tetapi sebagai kehormatan buat Marchisio, Zenit akan memberikannya nomor punggung 10. 

Persija Tetap Gunakan Stadion Patriot di Sisa Musim Liga 1



(ASM)


Video /