Indonesia vs Mauritius

Pelatih Mauritius: Apalagi yang Kurang dari Timnas Indonesia?

Kautsar Halim    •    11 September 2018 22:32 WIB
timnas indonesialaga uji coba
Pelatih Mauritius: Apalagi yang Kurang dari Timnas Indonesia?
Francisco Filho Joaquim (kanan) (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Bekasi: Pelatih Mauritius Francisco Filho Joaquim mengakui kekalahan yang diderita timnya atas Indonesia. Menurutnya, Skuat Garuda memang pantas menang karena memiliki kualitas lebih baik.

Mauritius dikalahkan Indonesia dengan skor tipis, 0-1. Keduanya bentrok untuk memainkan laga persahabatan internasional di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa 11 September 2018.

Mauritius bukan lawan mudah bagi Indonesia. Tim asal Benua Afrika itu unggul berdasar ranking FIFA dan para pemainnya memiliki postur lebih besar.

Baca: Evan Dimas Bawa Indonesia Tundukkan Mauritius 

Penampilan mereka saat menghadapi Indonesia pada laga tersebut juga menjadi bukti sahihnya. Beberapa kali, gawang Indonesia sempat mendapat ancaman dari para pemain Mauritius dalam pertandingan tersebut.

Kendati demikian, Indonesia yang baru ditinggalkan pelatih Luis Milla tidak menyerah begitu saja. Gabungan pemain senior dan U-23 yang diturunkan tetap memberikan perlawanan dengan apik hingga akhirnya gol kemenangan tercipta menjelang laga berakhir.

Gol semata wayang Indonesia baru bisa diciptakan oleh Evan Dimas Darmono pada menit ke-90. Golnya lahir setelah memanfaatkan tendangan Dedik Setiawan yang ditepis kiper Mauritius, Jean Louis Kevin.

Mengomentari hasil laga, Joaquim mengatakan timnya sudah berusaha maksimal untuk meraih kemenangan. Namun, ada sedikit kesalahan dari para pemain belakangnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.

Baca: Pelatih Mauritius tak Menyangka Timnya Kalah dari Indonesia

"Semua pemain depan Indonesia apik. Terus pemain belakangnya juga kompak. Permainan Indonesia tidak buru-buru. Mereka mau sabar bermain dari sisi ke sisi hingga akhirnya bisa punya banyak peluang dan meraih kemenangan," kata Joaquim dalam jumpa pers usai laga.

Joaquim melanjutkan, timnas Indonesia diakuinya sudah mengalami perkembangan yang baik untuk level tim di Asia Tenggara. Ia menganggap permainan Indonesia adalah gaya sepak bola modern dan para pemain mudanya pun punya potensi besar pada masa mendatang.

"Sebelumnya, kami main di Singapura sempat bertemu penyerang bagus.  Kemudian saya melihat penyerang bagus lagi saat di Indonesia. Apalagi yang kurang dari Indonesia? Kalau ada yang kurang, bagaimana dengan Mauritius," tutup Joaquim.


Video: PSSI Tunggu Jawaban Luis Milla

 


(PAT)


Video /