Indonesia vs Mauritius

Evan Dimas Bawa Indonesia Tundukkan Mauritius

Patrick Pinaria    •    11 September 2018 18:44 WIB
timnas indonesialaga uji coba
Evan Dimas Bawa Indonesia Tundukkan Mauritius
Evan Dimas (kiri) menjadi pahlawan kemenangan Indonesia berkat satu gol yang disumbangkannya saat menghadapi Mauritius (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Bekasi: Indonesia mampu menuai hasil positif saat menjamu Mauritius pada laga uji coba internasional, Selasa 11 September. Meski sempat dibuat kesulitan mencetak gol, Garuda akhirnya mampu memenangkan laga dengan skor 1-0. 

Indonesia tampil dominan pada laga yang digelar di Stadion Wibawa Mukti itu. Tercatat, mereka mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 53 persen.

Namun, dalam jumlah peluang, kedua tim tidak terlalu jauh berbeda. Indonesia melepaskan tiga tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan, Mauritius menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang.

Indonesia mendapat kesempatan emas lewat Hansamu Yama pada menit kesepuluh. Namun, ia melepaskan tembakannya masih melambung tinggi.

Tiga menit berselang, Mauritius mencoba untuk merespons. Mereka menciptakan peluang lewat tembakan Noel Gary. Akan tetapi, masih bisa diantisipasi kiper Indonesia Awan Setho dengan baik.

Permainan perlahan dikuasai Indonesia. Mereka tampak leluasa menyerang Mauritius. Sejumlah serangan mereka lancarkan melalui pergerakan Febri Hariyadi, Boaz Solossa, dan Stefano Lilipaly. Hanya saja, tidak ada yang berbuah gol.

Baca: Hujan Gol, Bali United Benamkan Persela

Nasib apes didapat Indonesia. Tepatnya pada menit ke-35, mereka harus kehilangan Zulfiandi. Ia ditarik karena mengalami cedera usai dihantam bek Mauritius. Sebagai gantinya, pelatih Indonesia Danurwindo memasukkan Bayu Pradana.

Kehilangan Zulfiandi tidak membuat mental para pemain Indonesia mengendur. Mereka tetap tampil dominan. 

Salah satu peluang pun diciptakan Indonesia melalui Febri. Mendapat umpan dari Boaz, ia melepaskan tembakan yang masih melambung tinggi.

Hingga turun minum, tidak ada gol tercipta. Skor 0-0 bertahan.

Pelatih Indonesia Danurwindo tampak tidak puas melihat performa lini depan timnya. Ia pun mencoba untuk menambah daya gedor tim dengan memasukkan Riko Simanjuntak. Winger Persija Jakarta itu masuk untuk menggantikan Irfan Jaya pada awal babak kedua.

Meski diperkuat Riko, Indonesia belum memberikan penampilan oke pada awal babak kedua. Bahkan, mereka dikejutkan oleh serangan Mauritius pada menit ke-49 melalui Noel. Ia melepaskan tembakan jarak jauh yang masih melambung dari mistar gawang.

Baca: Sementara, Indonesia Kontra Mauritius Masih Sama Kuat

Indonesia mulai menemukan ritme permainan. Pada menit ke-52 dan menit ke-54, tim Garuda menciptakan peluang-peluang dari Boaz Solossa. Sayang, upaya pemain Persipura itu tidak ada yang berbuah maksimal.

Mauritius tidak tinggal diam. Pada menit ke-56, mereka menciptakan peluang emas melalui Jocelyn. Beruntung, tembakannya masih bisa dijangkau Awan Setho.

Danurwindo lagi-lagi melakukan pergantian pemain. Tumpulnya lini depan mereka tampak masih menjadi penyebabnya. Pada menit ke-61, ia memutuskan untuk menarik Boaz dan digantikan oleh Septian David Maulana.

Kehadiran Septian memberikan efek yang cukup baik untuk Indonesia. Mereka tampak tampil lebih agresif dan terus menciptakan banyak peluang, di antaranya lewat Stefano Lilipaly dan Ilham Udin Armaiyn. Akan tetapi, upaya-upaya mereka belum mampu memberikan gol untuk Indonesia.

Gol ditunggu-tunggu akhirnya datang. Pada menit ke-90, Indonesia sukses membobol gawang Maritius. Gol tersebut diciptakan Evan Dimas yang sukses memanfaatkan bola pantulan hasil dari tembakan Dedik Setiawan.

Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Indonesia memastikan kemenangan dengan skor 1-0.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Awan Setho; Fachrudin Wahyudi, Hansamu Yama, Rizki Pora, Gavin Kwan; Evan Dimas, Zulfiandi; Irfan Jaya, Febri Hariyadi; Stefano Lilipaly, Boaz Solossa.

Mauritius: Jean-Louis Kevin, Speville Jonathan, Augustin Fabrice, Langue Adel, Villeneuve Jeremy, Jocelyn Mervyn, Noel Gary, Patate Jean Jacques, Justin Jonathan, Rose Lindsay, St Martin Walter.


Video: Menanti Debut Djanur Bersama Persebaya

 


(PAT)


Video /