Pada Hari Ini

1998: Prancis Sabet Trofi Piala Dunia Pertama di Kandang Sendiri

Krisna Octavianus    •    12 Juli 2017 06:47 WIB
pada hari ini
1998: Prancis Sabet Trofi Piala Dunia Pertama di Kandang Sendiri
Zinedine Zidane mengangkat trofi Piala Dunia pertama bagi Prancis (Foto: FIFA.com)

Metrotvnews.com, Saint-Denis: ?Hari ini, 12 Juli 19 tahun silam, Prancis membuat kejutan mengangkat trofi Piala Dunia pertama mereka usai membungkam juara bertahan Brasil 3-0 pada ajang Piala Dunia 1998 di kandang sendiri.

Legenda Les Blues, Zinedine Zidane menjadi pahlawan kemenangan Prancis pada final di Stade de France tersebut. Dua gol sundulan Zidane membuat tim Ayam Jantan berpesta di tanah mereka sendiri ditambah satu gol dari Emmanuel Petit.

BACA: Indonesia Harus Akui Keunggulan Thailand

Prancis yang tampil superior sejak putaran pertama memang menjadi favorit juara kala itu. Namun, Brasil yang kala itu difavoritkan pada partai final, di luar dugaan justru kalah oleh Prancis bahkan dengan skor yang mencolok.

Selecao dibawah asuhan pelatih Mario Zagallo tak berkutik meski kala itu diperkuat bintang mereka Ronaldo Luis Nazario de Lima. Serangan Brasil masih mampu diredam lini pertahanan Prancis yang digalang Frank Lebouf dan Marcel Desailly.

Gol pertama Prancis hadir lewat tandukan Zidane menit ke-27 usai memanfaatkan sepak pojok Petit. Bola tandukan Zidane deras menghujam gawang Brasil yang kala itu dijaga Claudio Taffarel.

Memasuki akhir babak pertama, pendukung tuan rumah kembali bergemuruh. Zidane berhasil mencetak gol keduanya lewat skema yang hampir mirip dengan gol pertamanya. Kali ini sepak pojok Youri Djorkaeff sukses disambar Zidane dengan tandukan sekaligus membawa Prancis unggul 2-0 di paruh pertama.

Brasil yang tak ingin dipermalukan mencoba menekan Prancis di babak kedua. Sayang beberapa peluang emas dari kaki Ronaldo masih bisa diantisipasi oleh kiper Prancis kala itu, Fabien Barthez.

Prancis terpaksa bermain dengan sepuluh orang usai Desailly menerima akumulasi kartu kuning di pertengahan babak kedua. Namun, situasi tersebut gagal dimanfaatkan Brasil untuk mengejar ketinggalan.

Gawang Selecao justru kembali bobol di pengujung laga. Kali ini petit mampu mencatatkan namanya sekaligus melengkapi kemenangan Prancis menjadi 3-0 atas Brasil.

Les Blues berhasil merebut trofi Piala Dunia pertama mereka dalam sejarah dan sejauh ini satu-satunya. Hasil ini pun merupakan titik balik Prancis setelah sebelumnya pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat mereka gagal lolos kualifikasi.

Susunan pemain final Piala Dunia 1998:

Brasil: Claudio Taffarel, Cafu, Aldair, Junior Baiano, Roberto Carlos, Cesar Sampaio, Dunga, Rivaldo, Leonardo, Bebeto, Ronaldo.

Prancis: Fabien Barthez, Lilian Thuram, Marcel Desailly, Frank Lebouf, Bixente Lizarazu, Didier Deschamps, Christian Karembeu, Emmanuel Petit, Zinedine Zidane, Youri Djorkaeff, Stephane Guivarch.

 


(KRS)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /