Jelang Australia vs Honduras

Pelatih Honduras Tuding Australia Memata-matai Pakai Drone

Krisna Octavianus    •    14 November 2017 14:10 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Pelatih Honduras Tuding Australia Memata-matai Pakai <i>Drone</i>
Jorge Luis Pinto (Foto: AFP/WILLIAM WEST)

Sydney: Pelatih tim nasional Honduras, Jorge Luis Pinto menuduh Australia memata-matai aktivitas latihannya pakai pesawat tanpa awak atau yang biasa disebut drone. Meski Australia sudah membantah, Pinto menolak alasan yang dilontarkan pihak Socceroos.

Satu tiket Piala Dunia Rusia 2018 diperebutkan oleh kedua tim dalam keadaan ketegangan tinggi di antara kedua belah pihak, terutama setelah Honduras mengklaim bahwa Australia menggunakan pesawat tak berawak untuk memata-matai tim asal zona CONCACAF itu saat berlatih di ANZ Stadium.

Socceroos bersikeras bahwa drone itu dioperasikan oleh keluarga di sebuah taman yang terletak di sebelah Stadion ANZ. Akan tetapi, Pinto menolak penjelasan tersebut ketika berbicara pada konferensi pers sebelum pertandingan, Selasa 14 November. (lihat videonya di sini)

"Insiden itu memalukan. Untuk negara maju seperti itu, ketika Australia pergi ke Honduras mereka memeriksa setiap kamar mandi, setiap kotak di stadion, tempat mereka berlatih, dan juga stadion," kata Pinto kepada wartawan. 

"Ini adalah kejadian yang memalukan, video tersebut menunjukkan lebih dari apapun, apa yang bisa ditunjukkan oleh drone. Mereka tidak berlaku fair untuk pertandingan leg kedua," lanjutnya.

"Ayolah, jangan merasa seperti orang jadi tidak bersalah. Ada spionase dalam sepak bola. Sama seperti VAR (video asisten wasit) telah berhasil masuk ke sepak bola, pesawat tak berawak melakukan spionase," sesalnya.

Meski begitu, Pinto mengaku nyaman dengan sambutan pihak Australia kepada timnya. Dia berharap, Honduras bisa bermain baik dan melaju ke Piala Dunia.

"Terlepas dari insiden dengan pesawat tak berawak dan kemungkinan informasi yang mereka dapat dari wartawan Honduras mengenai tim kami, kami sangat senang dengan sambutan dan tinggal di sini, kami sangat nyaman, kami hanya berharap bisa bermain bagus besok, kami menghadapi tim yang seimbang. Kami harus agresif dan kami akan senang jika bisa pergi ke Honduras dengan kepastian lolos ke Piala Dunia," pungkasnya. (FFT)

 


(KRS)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /