PSSI Minta Suporter Indonesia Respek dengan Malaysia

Kautsar Halim    •    02 Agustus 2018 00:48 WIB
asian games 2018
PSSI Minta Suporter Indonesia Respek dengan Malaysia
Suporter Indonesia memberi dukungan kepada Indonesia U-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendesak seluruh lapisan suporter tim nasional Indonesia untuk menghentikan segala sikap permusuhan terhadap negara lain. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Hentikan, kami minta sikap seperti itu dihentikan. Lapangan hijau seharusnya menjadi simbol persaudaraan dan persahabatan. Apalagi Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun," ujar Tisha menanggapi kasus dugaan penghinaan suporter Indonesia terhadap timnas Malaysia di ajang Piala AFF U-16.

Klik: Real Madrid Juara Liga Champions?

Atas adanya dugaan aksi tidak terpuji tersebut, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) langsung melayangkan keberatan melalui Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFF). Jika AFF memutuskan bahwa suporter Indonesia salah, bukan tidak mungkin imbasnya akan mengenai PSSI dan timnas juga.

Sikap tidak hormat terhadap negara lain, lanjut Tisha, justru akan merugikan Indonesia sendiri. Oleh karena itu, PSSI meminta semua pendukung timnas Indonesia, khususnya yang hadir di stadion agar bersikap lebih dewasa dan tidak merusak nama baik bangsa di mata internasional.

"Bagi yang mau menonton, silakan masuk stadion, duduk dengan baik dan tunjukkan sikap hormat," tutup Tisha.

Klik: Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

FAM melayangkan surat protes secara resmi kepada AFF dan AFC pada Selasa 31 Juli. Itu mereka lakukan karena tidak senang salah satu pemain timnas  dihina saat bentrok dengan Thailand di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Senin 30 Juli lalu.

Dikutip dari Kantor Berita Malaysia Bernama, pendukung Indonesia yang hadir di stadion dianggap menyoraki timnas Malaysia U-16 dengan kata-kata yang tidak pantas. Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam mengetahuinya dan merasa hal itu sudah melewati batas 

Oleh karena itu, selain melayangkan protes, FAM juga mengirim anggota komite eksekutifnya ACP (setara Ajun Komisaris Besar Polisi) Md. Dali Wahid ke Jawa Timur untuk mengevaluasi standar pengamanan. Persoalan tersebut diawali dengan unggahan salah satu pemain timnas Malaysia U-16 yang berinisial AAH.


(KAU)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /