Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Spanyol Lolos ke Piala Dunia 2018 Tanpa Terkalahkan

Kautsar Halim    •    10 Oktober 2017 08:24 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Spanyol Lolos ke Piala Dunia 2018 Tanpa Terkalahkan
Selebrasi Illarramendi saat membawa Spanyol menang tipis atas Israel. (AFP PHOTO / Thomas COEX AND THOMAS COEX)

Metrotvnews.com, Jerussalem: Spanyol berhasil mempertahankan tren positif belum pernah terkalahkan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Itu mereka pastikan setelah mempermalukan Israel pada laga pamungkas fase Grup G, Selasa 10 Oktober dini hari WIB.

Sejatinya tiket menuju Piala Dunia 2018 sudah dikantongi Spanyol semenjak mereka membantai Italia 3-0 pada awal September lalu. Sejak saat itu, Spanyol tidak memiliki rival sebanding hingga akhirnya bisa melewati dua laga kualifikasi yang tersisa dengan baik.

Pertandingan Israel kontra Spanyol berlangsung di Stadion Teddi Malcha, Jerusalem. Meski dipastikan tidak lolos kualifikasi atau berpeluang ke playoff, Israel selaku tuan rumah tetap menunjukkan perlawanan dengan baik sepanjang laga.


Klik: Tekuk Albania, Italia Melaju ke Fase Playoff


Spanyol yang sukses mendominasi penguasaan bola hingga 67 persen dibuat Israel hanya menang dengan skor tipis, 0-1. Saking rapatnya pertahanan Israel, satu-satunya gol kemenangan Spanyol bahkan baru bisa dicetak Illarramendi pada babak kedua.

Pelatih Spanyol Julen Lopetegui tampaknya lebih memanfaatkan laga untuk merotasi para pemain utamanya dengan pemain pelapis. David de Gea, Gerard Pique, Alvaro Morata tidak dimainkan, sedangkan Sergio Ramos dan Isco juga tidak tampil penuh di sepanjang laga. 

Setelah berkali-kali membuat peluang emas dan menggedor pertahanan Israel, gol yang kemenangan yang ditunggu-tunggu Spanyol baru diciptakan Illarramendi pada menit ke-76. Lahirnya gol itu terbilang fantastis karena dicetak dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. 


Klik: Serbia Lolos ke Piala Dunia 2018


Israel tidak berkutik dengan agresifitas yang ditunjukkan Spanyol. Sesekali mereka mendapat peluang serangan balik, namun penyelesaiannya masih kurang baik atau jarang mengarah ke gawang. Kendati demikian, pertahanan yang dibangun Israel tetap patut diacungi jempol. Pasalnya, skor 0-1 untuk Spanyol tidak berubah hingga laga berakhir.

Dengan kemenangan ini, artinya Spanyol menutup fase kualifikasi sebagai juara Grup G dengan koleksi 28 poin. Poin itu didapat setelah mencatatkan sembilan kali kemenangan, satu kali seri dan belum pernah terkalahkan. 

Hasil seri didapat Spanyol ketika tampil sebagai tim tamu di Italia. Saat itu, laga berkesudahan dengan skor 1-1. Namun, keadaan langsung berubah ketika Italia mendapat giliran menjadi tamu di Spanyol, ketika itu Italia malah dibantai dengan skor, 3-0.

Susunan Pemain

Israel: Harush, Ben Haim, Tibi, Davidzada, Natcho, Cohen, Melikson, Kabha, Keltjens, Atar, Hemed.

Spanyol: Pepe Reina, Sergio Ramos, Nacho Monreal, Azpilicueta, Nacho, Busquets, Pedro, Illarramendi, Jonathan Viera, Marco Asensio, Aduriz. 




(KAU)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

4 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /