Xavi Yakin Piala Dunia 2022 Tak Terkendala Cuaca Panas

Kautsar Halim    •    16 April 2018 14:54 WIB
piala dunia 2022
Xavi Yakin Piala Dunia 2022 Tak Terkendala Cuaca Panas
Xavi Hernandez. (Bongart/Getty images)

Doha: Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 sempat menjadi kontroversi karena negara tersebut beriklim panas. Namun, Xavi Hernandez sebagai mantan bintang Barcelona tidak setuju dengan anggapan tersebut.

Sejak meninggalkan Barca pada 2015, Xavi tetap melanjutkan karier sebagai pemain profesional bersama klub Al-Sadd yang berada di Ibu Kota Qatar, Doha. Dengan begitu artinya, sudah sekitar tiga tahun ia berada di negeri penghasil minyak tersebut.

Bukannya kepanasan di Qatar, Xavi malah cenderung makin betah karena pembangunan sepak bola di sana makin pesat. Terlebih lagi, ketika Qatar memastikan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.
 

Klik: Pesan Menpora untuk Peserta Hansaplast Liga Topskor U-13


Menurut Xavi, berbagai persiapan sudah dilakukan Qatar untuk menyambut turnamen sepak bola tertinggi dunia tersebut. Bahkan, mereka sedang merenovasi beberapa stadion besar agar memiliki fasilitas pendingin udara.

Dengan begitu, Xavi menegaskan agar negara lain tidak perlu khawatir untuk mengarungi Piala Dunia 2018 di Qatar. Pasalnya, event tersebut bakal bergulir pada musim dingin dan Qatar memiliki stadion yang luar biasa.

"Tidak akan ada masalah bermain sepak bola di sini pada Desember. Sebab, iklimnya sedang sempurna," ujar Xavi seperti dikutip Daily Mail. 
 

Klik: Cerita Bek Persib saat Kericuhan di Stadion Kanjuruhan


"Lagi pula, mereka (pemerintah Qatar) sudah membangun banyak stadion yang luar biasa di sini, salah satunya stadion yang dilengkapi dengan pendingin udara," tambahnya.

"Kemudian, saya rasa tidak perlu menggunakan pendingin udara juga pada Desember karena di sini sedang musim dingin," lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut.

Khalifa International Stadium merupakan salah satu bukti keberhasilan renovasi stadion yang dilakukan Qatar untuk menyambut Piala Dunia 2022. Kabarnya, pendingin udara di sana bisa menjaga suhu di titik 26 derajat Celsius. Selain itu, masih ada beberapa stadion lain yang sedang direnovasi dengan fasilitas yang sama. (Daily Mail)




(KAU)