Piala AFC 2018

Diwarnai Kontroversi, Persija Tersingkir dari Piala AFC

Patrick Pinaria    •    15 Mei 2018 22:01 WIB
piala afc
Diwarnai Kontroversi, Persija Tersingkir dari Piala AFC
Situasi para pemain Persija Jakarta berduel dengan Home United (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Persija Jakarta harus menerima kenyataan pahit karena dikalahkan Home United dengan skor 3-1 pada leg kedua babak semifinal Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018, Selasa 15 Mei. Terlepas dari penampilan kontroversial wasit, Macan Kemayoran akhirnya tersingkir dari panggung Asia.

Duel kedua tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), berlangsung dalam tempo yang cepat sejak awal laga. Persija yang kalah 2-3 pada pertemuan pertama langsung tampil menekan dan mengincar gol cepat.

Sayangnya, penampilan ofensif Persija tidak dibarengi performa solid dari lini belakang. Celah ini mampu dimanfaatkan Home United untuk mencuri gol lewat Shahril Ishak pada menit keenam.

Persija mencoba untuk bangkit. Pada menit kesembilan, mereka menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Marko Simic. Kesempatan penalti didapat Persija usai Novri dijatuhkan di dalam kotak penalti.

Sayang, beberapa menit berselang, wasit Turki Al Khudhayr gantian memberikan hadiah penalti untuk Home United. Rezaldi Hehanusa dianggap melakukan pelanggaran kepada Shahril Ishak saat keduanya terlibat body charge. Padahal, dalam tayangan ulang, tidak terlihat jelas pelanggaran yang dilakukan bek timnas Indonesia itu.

Baca: Roberto Mancini dalam Angka

Hadiah penalti berhasil dimanfaatkan Ishak untuk membawa Home United unggul 1-2, kendati sejatinya tendangannya sempat diblok kiper Persija Rizky Darmawan.

Kepemimpinan wasit asal Arab Saudi ini kembali membuat Persija merugi pada menit ke-37. Sebuah body charge yang melibatkan Jaimerson dengan Song Ui-Young dianggapnya sebagai sebuah pelanggaran keras. Kartu kuning kedua pun harus diterima Jaimerson yang memaksa Persija harus bermain dengan 10 pemain.

Turki Al Khudhayr kembali mencuri perhatian lewat keputusannya yang dinilai kontroversial dan merugikan Persija. Kali ini, ia membiarkan sebuah pelanggaran yang terjadi kepada Rohit Chand yang berimbas pada gol Ui-young pada menit ke-44.

Sejumlah keputusan kontroversi Al Khudhayr sontak membuat kubu Persija berang. Tak hanya pemain yang ada di lapangan. Para pemain yang duduk di bench pun ikut melancarkan protes saat jeda babak pertama. Kiper cadangan Persija, Daryono bahkan di kartu merah karena dianggap melancarkan protes secara berlebihan.

Tertinggal 1-3, Persija coba mengejar di sisa 45 menit babak kedua. Sejumlah peluang mereka ciptakan lewat Novri dan Ramdani Lestaluhu. Namun, tidak ada yang membuahkan hasil.

Baca: Hari yang Emosional buat Mancini

Pelatih Persija Stefano Cugurra Teco tampak tidak puas melihat lini serang timnya. Hingga akhirnya, ia memasukkan Addison pada menit ke-62 untuk menambah daya gedor Persija.

Kehadiran Addison cukup meningkatkan serangan Persija. Mereka terus menggempur pertahanan Home United lewat Riko dan Simic. Namun, lagi-lagi, tidak membuahkan hasil.

Pada menit ke-72, Teco kembali memasukkan penyerang. Kali ini, pemain yang dimasukkan adalah Bambang Pamungkas.

Namun, masuknya Bepe belum memberikan efek signifikan untuk Persija. Toh, mereka tetap harus mengakhiri laga dengan kekalahan 1-3.

Kekalahan ini membuat Persija tersingkir. Sebab, mereka kalah secara agregat 3-6. Sebelumnya, mereka kalah di markas Home United dengan skor 2-3.

Susunan pemain:

Persija Jakarta: Rizky, Maman, Ismed, Jaime, Novri, Rezaldi, Ramdani, Rohit, Sandi, Riko, Simic.

Home United: Rudy, Jantan, Qaiyyim, Hamzah, Roslan, Shafiq, Ayob, Abdullah, Song, Mohan Kumar, Ishak.


Video: Dele Alli Rambah Bisnis Fashion

 


(ACF)


Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid
Real Madrid

Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid

1 hour Ago

Pemain berjuluk CR7 itu berencana memikirkan masa depannya yang kemungkinan tak lama di Madrid.…

BERITA LAINNYA
Video /