Pada Hari Ini

2009: Kiper Timnas Jerman Tewas Bunuh Diri

Kautsar Halim    •    10 November 2017 09:10 WIB
pada hari ini
2009: Kiper Timnas Jerman Tewas Bunuh Diri
Robert Enke. (Foto: google image)

Jakarta: Kiper timnas Jerman Robert Enke memutuskan untuk mengakhiri nyawanya sendiri pada 10 November 2009 silam. Perbuatan tidak terpuji itu  ia lakukan karena mengalami depresi yang berkepanjangan.

Karier profesional Enke berawal dengan menjadi kiper klub Carl Zeiss Jena. Setelah itu, ia mulai direkrut tim-tim besar Eropa seperti Bayern Moenchengladbach, Benfica, dan bahkan Barcelona.

Rekam jejak Enke di Barcelona tidak terlalu bagus karena ia lebih sering dipinjamkan untuk Fenerbahce dan Tenerife. Setelah itu, Enke kembali ke Jerman dan memutuskan bergabung dengan Hannover 96.


Klik: Hazard Bermimpi Dilatih Zinedine Zidane


Debut perdana Enke sebagai kiper timnas Jerman sudah didapat sejak 2017. Namun sayangnya, ia hanya bertugas sebagai kiper ketiga atau kalah bersaing dengan Oliver Kahn dan Jens Lehmann.

Saat Lehman pensiun pada 2008, Enke ditunjuk menjadi kiper utama timnas Jerman. Namun itu tidak bertahan lama karena Enke mengalami infeksi bakteri dan harus absen pada September dan Oktober 2009.

Jika mampu pulih dengan cepat, Enke bisa saja membela timnas Jerman di ajang Piala Dunia 2010. Pasalnya, ia merupakan kandidat terkuat dari sejumlah kiper yang ikut kualifikasi. Tapi, itu juga gagal terealisasi lantaran Enke memutuskan bunuh diri.


Klik: Swiss Permalukan Irlandia dengan Tendangan Penalti


Enke bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke kereta yang sedang melaju kencang pada 10 November 2009. Depresi yang dialaminya bukan disebabkan karena sepak bola, melainkan masalah keluarga.

Setelah meninggal, ditemukan sebuah catatan yang mengganggu pikiran Enke. Catatan itu berisi tentang keterangan betapa terpukulnya dia lantaran anaknya yang masih berusia dua tahun meninggal dunia pada 2006.

Enke masih bisa bertahan hidup hingga 2009 karena mendapat perhatian dari Teresa yang merupakan istrinya dan Leila yang menjadi anak asuhnya. (tdifh)

 


(KAU)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /