AS Monaco 2018--2019

Henry Resmi Latih AS Monaco

Patrick Pinaria    •    13 Oktober 2018 19:55 WIB
liga dunia
Henry Resmi Latih AS Monaco
Thierry Henry (Foto: AFP/Valery Hache)

Monako: Thierry Henry akhirnya menjadi pelatih utama. Kesempatan tersebut didapat setelah ia ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco secara resmi pada Sabtu 13 Oktober.

Henry sebetulnya memulai karier di dunia kepelatihan sejak 2016. Namun, ia baru mendapat kesempatan menjadi asisten pelatih pada periode itu. Tepatnya pada Agustus 2016, ia ditunjuk menjadi asisten pelatih timnas Belgia untuk membantu Roberto Martinez.

Kolaborasi keduanya pun berbuah cukup manis. Mereka sukses membawa Belgia meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2018.

Kinerja apik Henry selama di timnas Belgia pun tampaknya menarik perhatian sejumlah klub di Eropa. Salah satunya adalah Monaco. Hingga akhirnya, jawara Ligue 1 Prancis 2016--2017 itu resmi merekrut Henry sebagai pelatih utama mereka hari ini.

Baca: Dilarang Masuk Stadion Seumur Hidup, Yuli Sumpil Santai

Mantan striker timnas Prancis itu dipercaya untuk menggantikan Leonardo Jardim yang dipecat gara-gara gagal membawa Monaco tampil bersinar pada awal musim 2018--2019. Ia juga dikontrak selama tiga musim.

"Saya sangat senang bisa kembali ke Monaco dan sangat bertekad untuk menghadapi tantangan bersama klub ini," ujar Henry.

"Saya beruntung menerima beberapa tawaran menarik selama beberapa bulan terakhir. Tetapi, Monaco selalu ada di hati saya. Setelah memulai karier sepak bola saya bersama klub hebat ini, saya pun ditakdirkan untuk menjadi pelatih di klub ini," tambahnya.

"Saya sangat senang diberi kesempatan ini. Tetapi, sekarang kerja keras harus dimulai. Kami tidak bisa menunda-nunda memulai pekerjaan ini," tutur Henry.

Baca: Tandang ke PSM, Arema Boyong 18 Pemain

Monaco memang bukan klub asing buat Henry. Sebab, ia pernah memperkuat Les Monegasques saat masih berkarier sebagai pemain selama lima musim (1994--1999). Bahkan, klub tersebut merupakan awal karier profesionalnya menjadi pesepak bola. 

Selama lima musim, Henry mampu membawa Monaco meraih gelar Ligue 1 Prancis pada musim 1996--1997. Selain itu, ia juga sudah menyumbang 28 gol dari 141 penampilannya di seluruh kompetisi.

Kini, Henry sudah dinantikan sejumlah tugas berat. Setidaknya, ia harus membawa Monaco untuk keluar dari ancaman zona degradasi. Saat ini, Monaco sedang menempati peringkat ke-18 klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin. Jumlah poin mereka sama dengan milik FC Nantes yang berada di posisi ke-19. (Sportsmole)


Video: Bonus Atlet Asian Para Games 2018

 


(PAT)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

4 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /