Pada Hari Ini

1937: Pertama Kalinya, Pertandingan Sepak Bola di Inggris Disiarkan di Televisi

Alfa Mandalika    •    16 September 2016 06:00 WIB
pada hari ini
1937: Pertama Kalinya, Pertandingan Sepak Bola di Inggris Disiarkan di Televisi
Skuat Arsenal bercengkrama di depan kamera. (Foto: The Guardian)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada hari ini, tepatnya 79 tahun yang lalu, sejarah terjadi di persepakbolaan Inggris. Salah satu media besar di Inggris (BBC) menyiarkan siaran langsung sepak bola untuk pertama kalinya di televisi.

BBC menyiarkan pertandingan Arsenal menghadapi tim lapis keduanya pada 16 September 1937 di Stadion Highbury. Uniknya, siaran tidak bisa menjangkau keseluruhan wilayah di Inggris, tetapi hanya bisa disaksikan di rumah-rumah yang dekat dengan stadion tersebut.

Sebelumnya, Arsenal mendapat kesempatan disiarkan secara langsung oleh BBC untuk pertama kali oleh radio BBC pada 22 Januari 1927 ketika melawan Sheffield United.

Baca: Guardiola Lebih Pantas Sandang Predikat The Special One

Mereka pun mendapat kesempatan pertama disiarkan langsung di acara olahraga berformat tiga dimensi. Adalah BSkyB yang menyiarkan siaran langsung laga Arsenal berformat tiga dimensi pada 2010 lalu. 

Seusai menyiarkan pertandingan sepak bola di Inggris untuk pertama kalinya, BBC juga menayangkan pertandingan final Piala FA secara langsung ketika Huddersfield melawan Preston North End pada 30 April 1938. Masih pada tahun yang sama, siaran langsung internasional pertama kali ditayangkan yakni Inggris menghadapi Skotlandia.

Baca: Rashford Siap Ikuti Jejak Cristiano Ronaldo

Kemudian, Piala Dunia 1954 untuk pertama kalinya disiarkan secara langsung. Perkembangan siaran langsung sepak bola pun kian ramai.

Video: Pertama kalinya siaran langsung sepak bola di Inggris disiarkan di televisi


Melansir The Guardian, jual beli hak siar pertandingan sepak bola sudah terjadi pada 1988. Saat itu taipan media, Rupert Murdoch mengajukan tawaran sampai 47 juta poundsterling untuk hak siar eksklusif sepak bola. Sebelumnya sejak 1960an, siaran sepak bola di Inggris disiarkan ITV dan BBC di Inggris. (Berbagai Sumber)

Video: Highlights Indonesia vs Thailand dan Liga Champions Eropa



(ASM)