Piala AFF U-18 Myanmar

Lengah, Timnas U-19 Ditekuk Vietnam

Achmad Firdaus    •    11 September 2017 17:51 WIB
timnas u-19piala aff u-19
Lengah, Timnas U-19 Ditekuk Vietnam
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi tuan rumah Myanmar di laga pembuka Piala AFF U-18 (Foto: Dok. PSSI)

Metrotvnews.com, Yangon: Timnas Indonesia U-19 harus membayar mahal lengahnya koordinasi di lini belakang saat menghadapi Vietnam pada lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF U-18. Kendati tampil dominan, Indonesia harus menerima fakta takluk 0-3.

Indonesia yang mengandalkan trio Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara dan Saddil Ramdani di lini depan, sebenarnya tampil dominan pada pertandingan di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin 11 September 2017. Menurut catatan Labbola, Indonesia mencatatkan ball possession hingga 79% di babak pertama dan 67% di babak kedua.

Namun, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tak mampu mencari celah di lini pertahanan Vietnam yang tampil cukup disipin. Umpan-umpan pendek yang jadi senjata andalan tim besutan Indra Sjafri kerap gagal masuk ke kotak penalti, karena pemain Vietnam tak segan melakukan tackle-tackle keras demi menghentikan laju bola.
 

Baca: BABAK I: Tampil Dominan, Timnas U-19 Justru Kecolongan Dua Gol


Egy yang dalam dua pertandingan sebelumnya jadi bintang Indonesia menjadi sasaran utama permainan keras Vietnam. Egy bahkan sempat mendapatkan perawatan dari tim medis saat laga baru memasuki menit ke-9.

Selain bermain disiplin dan keras, Vietnam juga tampil sangat efektif terutama ketika mendapatkan peluang serangan balik. Di lain kubu, Indonesia justru kerap lengah di momen-momen krusial. Seperti yang terjadi pada lima menit terakhir di babak pertama.

Vietnam berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Indonesia dan mencuri dua gol lewat aksi Le Van Nam.

Di menit ke-40, Van Nam berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang Indonesia dan berhasil membobol gawang Muchamad Aqil Savik yang baru masuk menggantikan Muhammad Riyandi yang mengalami cedera setelah melakukan penyelamatan gemilang dalam menepis tendangan bebas pemain Vietnam, beberapa menit sebelumnya.

Lima menit berselang, Van Nam berhasil memenangi duel udara dengan bek Indonesia sehingga bisa mengarahkan bola ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau Aqil. Vietnam unggul 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia kembali tampil sangat dominan. Mereka terus berupaya mengurung pertahanan Vietnam. Namun, lagi-lagi, berbagai kombinasi serangan yang diperagakan Egy dan kolega tak mampu menembus barisan pertahanan Vietnam.
 

Baca juga: Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam


Indonesia bahkan baru memiliki peluang emas pada menit ke-78. Saat itu, Witan Sulaeman yang masuk menggantikan Hanis Saghara pada menit ke-56 memiliki dua peluang emas. Sayang, tendangan dan sundulan yang dilepaskannya masih terlalu lemah sehingga mampu diamankan kiper Vietnam.

Indonesia kembali harus membayar mahal kelengahan yang terjadi di lima menit terakhir laga. Vietnam yang sepanjang babak kedua dipaksa bertahan, berhasil menambah gol lewat tandukan Bui Hoang Viet Anh yang tidak terkawal saat menyambut umpan sepak pojok. Indonesia pun harus menerima kenyataan takluk 0-3.

Dengan hasil ini, Indonesia harus turun ke posisi dua klasemen sementara Grup B dengan koleksi 6 poin, terpaut tiga angka dari Vietnam di puncak klasemen. Meski begitu, peluang untuk maju ke semifinal masih cukup terbuka mengingat Indonesia hanya akan menghadapi Brunei Darussalam di pertandingan terakhir, Rabu 13 September 2017.

Line up Pemain:
Indonesia:
Muhammad Riyandi, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Muhammad Rifad Marasabessy, Firza Andika, Muhammad Iqbal, Muhammad Lutfi Baharsyah, Syahrin Abimanyu, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra.

Vietnam: Ye Li Nie, Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lieu Quang Vinh, Pham Van Luan, Ve Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Tien Anh, Le Xuan Tu, Le Van Nam.

Video: ?Laga Timnas U-19 vs Vietnam Dipastikan Berlangsung Sengit



(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /