Pada Hari Ini

1957: Pele Lakoni Debut Bersama Timnas Brasil

Krisna Octavianus    •    07 Juli 2017 07:02 WIB
pada hari ini
1957: Pele Lakoni Debut Bersama Timnas Brasil
Pele saat memamerkan trofi Piala Dunia 1970 (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda pencinta sepak bola, mungkin sudah tidak asing dengan nama Pele. Pada hari ini, 7 Juli 60 tahun lalu, ia mencatatkan debut bersama tim nasional Brasil.

Ketika itu, ia tampil pertama kalinya membela Selecao menghadapi Argentina di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Sayang, pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu gagal mempersembahkan kemenangan. Brasil takluk dengan kedudukan 1-2.

BACA: Ini 4 Penggawa Timnas U-16 yang Absen di Piala AFF

Meski kalah, Pele ternyata mampu menciptakan gol dalam laga debutnya itu pada usia 16 tahun 9 bulan. Ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada laga internasional.

Karier Pele terus meroket ketika membela Brasil di Piala Dunia 1958. Ia mencetak enam gol, termasuk hattrick ketika menghadapi Prancis pada babak semifinal melawan Prancis.

Pele juga turut bergabung dengan skuat Brasil pada 1962. Tetapi, cedera mengganggu dirinya sehingga ia absen sejak pertandingan kedua sampai berakhirnya turnamen.

Pada Piala Dunia 1966, Pele mendapatkan perlakuan aksi tak terpuji dari lawan-lawannya. Tekel-telek brutal terus dilancarkan kepadanya yang membuat ia tak bisa tampil maksimal. Hal itu membuat ia harus diistirahatkan pada pertandingan ketiga. Sayang, pada saat itu Brasil dikalahkan Portugal dengan skor 1-3. Sontak, situasi tersebut membuat Pele kecewa dan ia mengatakan tidak akan tampil pada Piala Dunia selanjutnya.

BACA: 9 Fakta Alexandre Lacazette, Bomber Baru Arsenal

Setelah melakukan pendekatan, akhirnya Pele mau dibujuk kembali untuk membela timnas pada Piala Dunia 1970. Ia pun kembali tampil agresif sehingga mampu membantu negaranya menyabet gelar Piala Dunia. Pele tercatat sebagai satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang memenangi tiga gelar Piala Dunia. Secara keseluruhan, ia sudah mencetak 77 gol dalam 92 penampilan bersama Brasil. (TDIFH)

 


(KRS)

Video /