TImnas Indonesia

Saran Bima Sakti untuk Pelatih Baru Timnas

Rendy Renuki H    •    26 November 2018 13:51 WIB
timnas indonesiapiala aff
Saran Bima Sakti untuk Pelatih Baru Timnas
Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (Foto: Antara/Aprillio Akbar )

Jakarta: Bima Sakti Tukiman masih menunggu keputusan federasi (PSSI) terkait nasibnya menukangi Timnas Indonesia. Namun, pelatih berusia 42 tahun itu memiliki saran kepada siapa pun nanti yang menjadi pelatih baru skuat Garuda.

Bima yang kontraknya habis seiring berakhirnya Piala AFF 2018 ingin pelatih Timnas selanjutnya memiliki program jelas. Sehingga saat skuat Garuda tampil di Piala AFF 2020 telah siap secara permainan dan mental.

"Ke depan, kita sudah tahu jadwal AFF dua tahun lagi, siapa pun pelatih yang ditunjuk programnya bisa lebih jelas, uji coba juga harus disesuaikan dengan format yang ada sekarang," ujar Bima Sakti saat jumpa pers usai laga kontra Filipina, Minggu 25 November.

"Tapi sekali lagi tidak usah mencari kambing hitam. Ke depan, wartawan tidak perlu takut memberikan masukan dan input ke tempat, yang penting tujuannya demi kemajuan Timnas," sambungnya.

Kegagalan di Piala AFF 2018 pun disikapi Bima secara bijak. Ia sadar, pengalaman melatihnya masih minim setelah dipercayakan PSSI menggantikan posisi Luis Milla Aspas usai tak diteruskan kerja samanya selepas Asian Games 2018.

"Ini pengalaman berharga buat saya. Saya pernah final (Piala AFF) tahun 2000, 1998 juga pas masih Piala Tiger. Sedih pasti, saya dan pemain juga bercita-cita, semua sudah kita lakukan. Fight di latihan dan pertandingan, dari nonteknis, shalat bareng-bareng semua, tapi tidak cukup (meraih juara)," ungkapnya.

PSM Makassar Rebut Puncak Klasemen Sementara Liga 1



(FIR)