Ballon d'Or 2018

5 Fakta Menarik Ada Hegerberg, Peraih Ballon d'Or Putri Pertama Sepanjang Sejarah

M. Rizky Adhestian    •    04 Desember 2018 12:22 WIB
ballon dor
5 Fakta Menarik Ada Hegerberg, Peraih Ballon d'Or Putri Pertama Sepanjang Sejarah
Ada Hegerberg (Foto: FRANCK FIFE / AFP)

Paris: Sejarah tercipta pada malam penghargaan France Football di Champs-Ellysees, Paris, Minggu 4 Desember dini hari tadi. Edisi pertama penghargaan Ballon d'Or Putri jatuh ke tangan pemain Olympique Lyonnais Women's Team, Ada Hegerberg.

Pemain berkebangsaan Norwegia menjadi salah satu dari tujuh pemain Lyon yang masuk daftar 16 nominasi. Dara berusia 23 tahun itu mengalahkan Pernille Harder (Wolfsburg) di urutan kedua dan Dzsenifer Maroszan (Lyon) di urutan ketiga.

Prestasi Hegerberg tahun ini memang cukup impresif. Bersama Lyon, wanita dengan tinggi 177cm itu memenangkan Divisi Utama Liga Prancis Putri dan Liga Champions Putri.

Baca: Hasil Lengkap Pertandingan Sepak Bola Dini Hari Tadi

Sebelum menyabet penghargaan prestisius edisi pertama tersebut, Hegerberg punya sejumlah catatan hebat serta dinamika karier sepak bolanya. Berikut ini 5 fakta menarik tentang Hegerberg yang dirangkum medcom.id.

1. Sempat Menarik Diri dari Timnas Norwegia

Hergerberg menarik diri dari seleksi Timnas Norwegia Putri menjelang persiapan Piala Eropa Putri 2017 di Belanda. Hegerberg yang saat itu sudah mencatatkan 38 gol dari 66 penampilan bersama timnas, dikabarkan berselisih dengan federasi sepak bola Norwegia.

Alhasil, Norwegia Putri menghadapi mimpi buruk di Piala Eropa 2017. Mereka pulang dengan tangan kosong usai finis di posisi buncit penyisihan grup tanpa poin dan cetakan gol.

2. Rekor Apik di Liga Champions

Lyon memenangkan Liga Champions Putri musim lalu, usai mengalahkan Wolfsburg 4-1 lewat babak tambahan. Hegerberg menjadi salah satu penyumbang gol.

Hegerberg tercatat mencetak 15 gol di kompetisi tersebut. Itu menjadi rekor baru cetakan gol terbanyak sepanjang sejarah kompetisi.

3. Banjir Gelar di Usia Belia

Baru berusia 23 tahun, sejumlah titel prestisius sudah diraih Hegerberg. Bersama Lyon, ia memenangkan tiga Liga Champions Putri (2016, 2017, 2018), empat Liga Prancis Putri (2015, 2016, 2017, 2018), dan tiga Piala Liga Prancis Putri (2015, 2016, 2017).

Untuk penghargaan individual, ia meraih topskorer pada Liga Prancis Putri musim lalu. Di tahun 2016, ia juga menyabet gelar Pemain Terbaik Putri UEFA.

4. Pemain Wanita dengan Gaji Termahal di Dunia

Hegerberg diboyong Lyon dari klub Jerman, Potsdam, pada 2014. Kini, ia telah memperpanjang masa baktinya di Lyon hingga 2021. Dilansir media Prancis, L'Equipe, kontrak tersebut membuat Hegerberg menjadi pemain dengan bayaran termahal saat ini.

5. Gol Lebih Banyak Ketimbang Penampilan

Statistik luar biasa dimiliki Hegerberg selama merumput bersama Lyon. Dalam 147 penampilan di seluruh kompetisi, ia sudah mencetak 182 gol. Artinya, rata-rata Hegerberg mencetak 1,24 gol per penampilan.




(ASM)