Jelang timnas U-19 vs Thailand

Alasan Indra Sjafri Kerap Merotasi Skuat Timnas U-19

Kautsar Halim    •    08 Oktober 2017 00:00 WIB
kualifikasi piala asia
Alasan Indra Sjafri Kerap Merotasi Skuat Timnas U-19
Indra Sjafri. (Foto: MTVN/Kautsar)

Metrotvnews.com, Bekasi: Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri mengaku sengaja memberikan banyak laga uji coba untuk timnya demi memupuk pengalaman bermain. Ia ingin anak-anak asuhnya terbiasa dengan berbagai kesulitan yang terdapat dalam sebuah pertandingan.

"Kami perlu banyak laga uji coba, pertandingan, dan juga drama-drama di dalamnya untuk mencari pengalaman. Kami ingin tahu apakah para pemain bisa keluar atau tidak dari kesulitan itu," kata Indra dalam jumpa pers jelang laga kontra Thailand di Hotel Grand Zuri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (7/10/2017).  


Klik: Arti Penting Laga kontra Thailand bagi Timnas U-19


Indra melanjutkan, proses pengembangan para pemain muda tidak bisa dilakukan dengan instant. Seluruh pihak yang terkait dituntut bersabar karena pembentukan pemain itu berhubungan erat dengan perkembangan timnas U-23 serta senior Indonesia. 

"Tantangan ini memang perlu kesabaran. Tapi sebagai tim pelatih, kami sudah mengevaluasi serta mengingatkan para pemain. Selain itu, saya juga harus menyuplai pemain berkualitas sebanyak-banyaknya ke timnas senior," papar Indra.


Klik: PS TNI Bungkam Perseru dengan Dua Tendangan Penalti


Demi mewujudkan tuntutan tersebut, Indra mengklaim tidak akan segan-segan menjajal pemain baru maupun mencoret pemain lama di skuatnya. Indra menginginkan bibit-bibit pesepakbola berbakat di Tanah Air mendapatkan kesempatan yang sama dan persediaan pemain untuk disalurkan ke level usia yang lebih tinggi pun bisa terjaga dengan baik.

"Promosi dan degradasi pemain merupakan salah satu tugas pelatih usia muda. Kalau dicermati dari awal, kami selalu merotasi pemain dan tidak ada pemain yang dijamin selalu menjadi sebagai starter," papar Indra.

"Itu dilakukan karena kami memikirkan cara berinvestasi para pemain untuk masa mendatang juga. Pasalnya, pemain-pemain kita (Indonesia) itu jumlahnya lebih banyak ketimbang para pemain dari negara ASEAN lainnya," tambah pria asal Sumatera Barat tersebut.

Jadwal terdekat timnas U-19 adalah menghadapi Thailand dalam laga uji coba internasional di di Stadion Wibawamukti, Kabupaten Bekasi, pada Minggu 8 Oktober pukul 18.30 WIB. Laga ini bisa menjadi ujian yang bagus karena Thailand merupakan tim terkuat di Asia Tenggara.

Laga uji coba sengaja digelar untuk menyambut Kualifikasi Piala Asia 2018 U-19 yang bakal berlangsung di Korea Selatan pada 31 Oktober mendatang. Di ajang tersebut, Indonesia tergabung dalam Grup F yang diisi Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. 

 


(KAU)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

1 day Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /