Harunustaspor Jadi Klub Pertama yang Beli Pemain Pakai Bitcoin

Gregah Nurikhsani Estuning    •    31 Januari 2018 15:53 WIB
soccertainment
Harunustaspor Jadi Klub Pertama yang Beli Pemain Pakai Bitcoin
Omer Faruk Kiroglu (kiri) dibeli dengan mata uang virtual bernama bitcoin. (Foto: Twitter/@ntvspor)

Ankara: Sebuah tim amatir Turki, Harunustaspor mencetak sejarah unik. Mereka menjadi klub sepak bola pertama yang melakukan pembelian pemain menggunakan bitcoin atau uang virtual.

Harunustaspor yang bermain di Divisi 1 Sakarya Grup B mendatangkan Omer Faruk Kiroglu dengan mahar mencapai 0.0524 BTC (bitcoin). Jika dirupiahkan, nominal tersebut sama dengan Rp7,3 juta.

Presiden klub, Haldun Sehit menyatakan jika pihaknya bukannya tidak memiliki uang tunai. Ia mengaku sengaja menggunakan uang virtual agar nama klubnya dikenal masyarakat dunia.

"Kami melakukan ini untuk memperkenalkan nama kami di negeri ini dan juga dunia tentunya. Kami adalah yang pertama di Turki dan dunia (yang membeli pemain memakai mata uang virtual)," kata Sehit dikutip dari NTV Spor.
 

Klik: Arsene Wenger Konfirmasi Kedatangan Aubameyang


"Klub ini jadi sering disebutkan di televisi seakan-akan kami adalah klub profesional. Kami bangga sekali," sambungnya lagi.

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya rupiah atau dollar, namun hanya tersedia di dunia digital.

Mengutip keterangan di bitcoin.co.id, suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya suplai bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.

Hanya saja, tidak semua negara melegalkan proses transaksi menggunakan bitcoin, seperti Nigeria, Rusia, Israel, Thailand, dan masih banyak lagi. Selain faktor ketidakpastian volatilitas, bitcoin dikhawatirkan akan digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme.

Video: Stadion Manahan Siap Jadi Tuan Rumah Perempatfinal Piala Presiden 2018
 


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /