UEFA Didesak Ubah Regulasi Gol Tandang

Gregah Nurikhsani Estuning    •    05 September 2018 08:13 WIB
sepak bola
UEFA Didesak Ubah Regulasi Gol Tandang
Hirving Lozano (kiri) melepaskan tembakan ke gawang Bate Borisov. (Foto: Jerry Lampen / ANP / AFP)

Nyon: Sejumlah pelatih-pelatih top Eropa meminta UEFA untuk merevisi peraturan gol tandang. Mereka beranggapan kalau mencetak gol tandang di era kini tidak sesulit dahulu kala.

Permintaan tersebut disambut baik oleh Sekjen UEFA, Giorgio Marchetti. Sejauh ini, desakan tersebut masih bersifat usulan sembari menemukan formulasi terbaik ketika selisih gol dan skor agregat sama kuat.

"Mereka merasa kalau mencetak gol tandang tidak lagi sulit seperti dulu. Maka dari itu, mereka meminta agar dilakukan revisi," ujar Marchetti.

Klik: Mengenal UEFA Nations League, Kompetisi Anyar Negara-negara Eropa


"Sepak bola bagi mereka kini telah berubah situasinya. Dulu mungkin mencetak gol tandang itu susah, tapi kini sudah tidak lagi," tambahnya.

Usulan itu diprakarsai oleh banyak nama, yakni Massimiliano Allegri (Juventus), Carlos Ancelotti (Napoli), Unai Emery (Arsenal), Paulo Fonseca (Shakhtar Donetsk), dan Julen Lopetegui (Real Madrid). Jose Mourinho (Manchester United), Thomas Tuchel (Paris Saint-Germain) dan mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger juga ikut ambil bagian.

Mengenai aturan gol tandang (away goals regulation) ini pertama kali diperkenalkan pada kompetisi European Cup Winners' Cup tahun 1965. Saat itu, agresivitas gol tandang digunakan sebagai alternatif pengganti undian koin atau tanding ulang (replay) di venue netral guna menentukan pemenang.

"Usulan ini bagus karena banyak hal yang menjadi pertimbangan," pungkas Marchetti.

Video: Data & Fakta Venue Jetski Asian Games 2018
 


(PAT)


Video /