Pada Hari Ini

2016: Portugal Juara Piala Eropa untuk Pertama Kali

Krisna Octavianus    •    10 Juli 2017 06:38 WIB
pada hari ini
2016: Portugal Juara Piala Eropa untuk Pertama Kali
Ronaldo saat mengangkat trofi Piala Eropa 2016 (Foto: FRANCISCO LEONG / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada hari ini, satu tahun yang lalu atau tepatnya pada 10 Juli 2016, Portugal berhasil menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya. Ini adalah trofi internasional pertama bagi Selecao das Quinas.

Portugal sukses meraih juara Piala Eropa 2016 usai membungkam Prancis dengan skor 1-0 di final, Senin 11 Juli dini hari WIB. Gol tunggal Eder menjadi penentu kemenangan Portugal atas Les Bleus pada masa perpanjangan waktu.

BACA: Wayne Rooney dalam Angka

Kesuksesan Portugal mengangkat trofi bisa dibilang cukup mengejutkan. Selain menghadapi Prancis yang cukup difavoritkan sebagai juara, skuat Fernando Santos ini dianggap sebelah mata karena memiliki start yang kurang meyakinkan.

Pada Piala Eropa kali ini, Portugal tergabung di grup F bersama dengan Islandia, Hungaria, dan Austria. Ketika itu, Portugal lolos ke fase knock out sebagai peringkat tiga terbaik.

Uniknya, tim berjuluk Selecao das Quinas melenggang ke fase gugur tanpa sekali pun meraih kemenangan. Mereka hanya mengumpulkan tiga poin dari tiga kali bermain imbang dengan ketiga klub tersebut.

Namun, semua mulai terlihat ketika babak perdelapan final sampai bisa menembus babak final bertemu dengan Prancis. Ini adalah final pertama Portugal sejak 2004 dengan menantang Prancis. Tuan rumah tampil mendominasi, sementara Portugal butuh kerja keras usai kehilangan bintang mereka, Ronaldo pada babak pertama.

Di luar dugaan, Portugal mampu membuat tuan rumah frustrasi dan terpaksa memainkan babak perpanjangan waktu. Ketika itu, Portugal mampu mencuri gol untuk mengubah keadaan menjadi 1-0.

Bukan Luis Nani, bukan Renato Sanches, bukan pula Ricardo Quaresma yang menjadi bintang sekaligus pahlawan Portugal. Melainkan Eder yang membuat Portugal untuk pertama kalinya mengangkat trofi juara Piala Eropa.

BACA: Bungkam Persib, MU Tempel PSM di Puncak Klasemen

Melalui tendangan spekulasinya, bola hasil sepakan Eder dari luar kotak penalti pada babak perpanjangan waktu tak mampu dihalau kiper Prancis, Hugo Lloris. Gol yang mampu membawa Portugal menjadi raja baru di tanah Eropa. Hebatnya mereka juga memutus catatan mulus Prancis yang selalu tampil apik ketika menjadi tuan rumah kejuaraan.

 


(KRS)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

17 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /