Pada Hari Ini

1905: Cerita Awal Real Madrid Raih Trofi Perdana

Patrick Pinaria    •    18 April 2017 10:02 WIB
pada hari ini
1905: Cerita Awal Real Madrid Raih Trofi Perdana
Skuat Real Madrid saat menjuarai Copa Del Rey 1905 (Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanggal 18 April 1905 atau 112 tahun silam menjadi momen tak terlupakan bagi Real Madrid. Sebab saat itu, Los Blancos berhasil meraih trofi perdana sepanjang sejarah klub berdiri.

Trofi perdana diraih Madrid di ajang Copa de Su Majestad El Rey Alfonso XIII (dikenal Copa Del Rey pada saat ini). Kala itu, mereka mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 1-0.

Turnamen tersebut sebetulnya sudah berdiri sejak 1902. Awalnya, turnamen dikenal dengan Copa del Ayuntamiento de Madrid (Piala Dewan Kota Madrid) yang diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Raja Alfonso XIII.

Baca: Prediksi Real Madrid vs Bayern Muenchen: Murid Menghempaskan Guru

Terdapat lima tim yang berpartisipasi pada saat itu. Termasuk Madrid. Namun, Los Blancos harus tersingkir di babak semifinal usai dikalahkan Barcelona dengan skor 1-3.

Pada 1905, panitia penyelenggaran mengubah peraturan turnamen. Saat itu, mereka hanya memberi jatah tiga tim untuk berpartisipasi dalam turnamen. 

Selain itu, mereka juga mengubah format turnamen yakni dari sistem gugur menjadi menjadi sistem grup. Mereka juga tidak menerapkan format kandang-tandang. Sebagai gantinya, setiap tim yang menang akan meraih dua poin. Sedangkan tim yang meraih hasil imbang meraih satu poin.

Madrid sukses mengawali langkah dengan hasil positif saat itu. Tak tanggung-tanggung, El Real mampu membantai San Sebastian dengan skor 3-0 pada laga perdana, 16 April 1905.

Baca: Curi Poin di Markas Middlesbrough, Arsenal Jaga Persaingan Empat Besar

Kemenangan kembali diraih Madrid saat menghadapi Athletic Bilbao pada laga kedua. Mereka sukses menang dengan skor 1-0 berkat gol yang dicetak Manuel Prast.

Bekal dua kemenangan membuat Madrid berhasil memuncaki klasemen grup dengan mengoleksi empat poin. Mereka akhirnya memastikan diri sebagai juara setelah unggul dua poin dari San Sebastian.

Trofi itu menjadi awal hegemoni Madrid di persepakbolaan Spanyol dan dunia. Buktinya setelah itu Madrid sukses menambah beragam gelar di berbagai ajang hingga saat ini. Total, sudah ada 83 gelar yang mereka koleksi. Sebanyak 19 gelar di antaranya diraih di Copa Del Rey. (TDIFH)


Video: Liverpool Jaga Kans ke Liga Champions

 


(HIL)

Video /