PSSI Berharap Kedewasaan Suporter Indonesia di Piala AFF U-16

Rendy Renuki H    •    04 Agustus 2018 15:00 WIB
piala aff
PSSI Berharap Kedewasaan Suporter Indonesia di Piala AFF U-16
Supoerter Timnas Indonesai (Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta: Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) berharap kedewasaan suporter Indonesia di turnamen Piala AFF U-16. Federasi tertinggi sepak bola Tanah Air itu berharap kejadian pelecehan terhadap Timnas Malaysia di ajang tersebut tak terulang.

Timnas Malaysia memang menjadi korban penghinaan suporter Indonesia pada laga kontra Thailand. Suporter Tanah Air melontarkan chant berbau kasar merespons sikap pemain Malaysia U-16, Amirullah, yang sebelumnya memasang bendera Indonesia secara terbalik di akun Instagramnya.

"Mari kita jaga ketertiban. Kontrol diri dan ekspresikan dan dukungan dengan cara yang lebih baik dan lebih bijak," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, Jumat (3/8).

Klik: Temui Menpora, PSSI Bahas Isu Pembekuan

Nyanyian yang mengintimidasi Timnas Malaysia pun membuat federasi mereka (FAM) geram. FAM bahkan ingin membawa kasus ini ke Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) dan Asia (AFC), serta mengancam mundur dari Piala AFF U-16.

Namun, Tisha mengakui pihaknya telah bertemu dengan FAM membahas persoalan tersebut. Ia pun menegaskan PSSI akan menjamin keselamatan dan menjalankan pertandingan sesuai standar yang telah ditetapkan AFF dan AFC.

"Hal-hal lain terkait adanya tensi, bersitegang, itu adalah hal yang sudah kita bicarakan antara PSSI dengan FAM dan kita harapkan tidak menjadi lebih besar lagi, karena rivalitas pasti selalu ada," tutupnya.

 


(REN)