Evan Dimas Berpeluang Tampil di Piala AFC 2018

Gabung Selangor FA, Evan Dimas Berpeluang Tampil di Piala AFC 2018

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Desember 2017 14:01 WIB
liga dunia
Gabung Selangor FA, Evan Dimas Berpeluang Tampil di Piala AFC 2018
Muly Munial (kiri), Ilham Udin (tengah) dan Evan Dimas (kanan) usai prosesi penandatanganan bersama Selangor FA.

Selangor: Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) secara resmi mengumumkan Pahang akan absen di Piala AFC 2018. Selangor FA yang berada di daftar tunggu berpeluang tampil menggantikan Pahang di kompetisi antar klub kasta kedua Asia tersebut dengan sejumlah kondisi tertentu.

Sebelumnya diberitakan, Pahang menolak ikut serta berkompetisi di Piala AFC. Dalam rilis resminya, penolakan itu disertai dengan alasan 'ingin fokus di liga domestik'.

"Pahang FA mengumumkan jika kami mendapatkan tawaran untuk bermain di Piala AFC 2018 oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada 9 November 2017," tulis Pahang pada akun Facebook resminya.

Baca: Runner-up Liga Super Malaysia Menolak Tampil di Piala AFC

"Namun, Pahang FA memutuskan untuk menolak tawaran tersebut pada 14 November 2017. Kami ingin berkonsentrasi pada kompetisi domestik Malaysia," lanjut pernyataan tersebut.

FAM sebetulnya masih menunggu dan memberikan kesempatan kepada Persatuan Bolasepak Negeri Pahang (PBNP) untuk mengirimkan berkas untuk mengikuti Piala AFC 2018. Namun, hingga tanggal 30 November silam, tak ada tindak lanjut dari Pahang.

Bila mengikuti peraturan dari AFC selaku badan tertinggi sepak bola Asia, kekosongan slot yang ditinggalkan Pahang di Piala AFC tidak boleh diisi oleh klub Malaysia mana pun, kecuali Johor Darul Ta'zim (JDT) lolos putaran final Liga Champions Asia 2018.

JDT sendiri berhak mengikuti kualifikasi Liga Champions Asia (AFC Champions League) karena keluar sebagai juara Liga Super Malaysia 2017. Jika berhasil lolos ke putaran final atau babak grup AFC Champions League, jatah Piala AFC akan diberikan kepada klub yang berhak, yakni Pahang, Selangor dan Kedah.

Baca: Selangor FA Resmi Mengontrak Evan Dimas dan Ilham Udin Satu Tahun

Di sini, Selangor FA memiliki peluang untuk mengikuti Piala AFC 2018 menggantikan Pahang. Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang baru saja bergabung punya kans untuk tampil di Piala AFC 2018.

"Namun, jika JDT berhasil mencapai babak penyisihan grup Liga Champions AFC 2018, slot Piala AFC 2018 akan diberikan ke tim Selangor yang kini masuk dalam daftar tunggu," tulis keterangan yang dilansir Medcom.id dari laman resmi FAM hari Sabtu 2 Desember 2017.

Pahang, seperti diberitakan, telah menolak berlaga di Piala AFC 2018. Sementara itu, Kedah tidak memenuhi kriteria wajib dari AFC untuk mendapatkan lisensi berlaga di kompetisi antar klub level Asia seperti keterangan Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John pada 16 November silam.

"Kedah tidak bisa memenuhi satu kriteria mengenai keuangan yang sudah diaudit. Kriteria tersebut masuk kriteria A, yang mana kriteria wajib lulus, maka mereka tidak diberikan lisensi," ujarnya disadur dari laman Stadium Astro.

Video: Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018
 


(PAT)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /