?Pada Hari Ini

1965: Inter Milan Juara Piala Intercontinental Secara Beruntun

Rendy Renuki H    •    15 September 2016 07:00 WIB
inter milan 2016--2017
1965: Inter Milan Juara Piala Intercontinental Secara Beruntun
(google image)

Metrotvnews.com, Buenos Aires: Pada hari ini, 15 September 1965 silam, Inter Milan berhasil menjuarai Piala Intercontinental (Piala Toyota) secara beruntun. Nerazzurri meraih trofi tersebut usai mengalahkan lawan yang sama di tahun sebelumnya, yakni wakil Argentina, Independiente.

Inter berhasil menang dengan skor 3-0 atas Independiente dalam format pertemuan dua leg. Gol kemenangan Inter kala itu dicetak oleh brace Joaquin Piero dan satu gol Sandro Mazzola sepekan sebelumnya di San Siro.

Kemengangan tersebut bertahan pada leg kedua di kandang Independiente, Stadion La Doble Visera. Padalah Independiente lebih diuntungkan, karena selain bermain dua leg, saat itu turnamen ditentukan oleh sistem poin. Membuat Independiente memiliki kesempatan menjalani babak play-off jika berhasil menang dengan skor berapa pun di leg kedua.

(Baca: 2008: Gol Madrid ke-5000 Lahir dari Kaki Guti)

Namun, ramuan pelatih legendaris, Helenio Herrera dengan gaya khas bertahannya yang dikenal dengan Catenaccio berhasil meredam Independiente, membuat leg kedua diakhiri dengan skor 0-0. Nerazzurri pun berhasil merebut Piala Intercontinental kedua kali secara beruntun di depan 80 ribu pendukung tuan rumah di La Doble Visera.

Sebelumnya, di musim 1964, Inter pun berhasil merebut Piala Intercontinental dari Independiente yang mereka kalahkan dalam tiga kali pertemuan. Inter sempat kalah 1-0 di kandang Independiente, namun berhasil merebut babak play-off setelah menang 2-0 pada leg kedua di San Siro, dan meraih Piala Intercontinental pertamanya usai mengalahkan Independiente 1-0 di babak play-off.

(Baca: 1990: Debut Buruk Cafu di Timnas Brasil)

Sayang, kemenangan di musim 1965 merupakan penampilan terakhir Inter di turnamen Piala Intercontinental. Sementara Independiente akhirnya berhasil meraih dua Piala Intercontinental, yakni pada 1973 usai mengalahkan Juventus 1-0 dan pada 1984 setelah mengatasi perlawanan Liverpool juga dengan skor 1-0. (TDIFH)

Video: Keok dari Thailand, Indonesia Juru Kunci Grup B
 


(REN)

Jaga Tren Kemenangan, Wenger: Kami Harus Ambisius!
Arsenal vs FC Basel

Jaga Tren Kemenangan, Wenger: Kami Harus Ambisius!

3 hours Ago

Tren kemenangan Arsenal terus berlanjut. Kali ini, The Gunners meraih hasil positif di ajang Li…

BERITA LAINNYA
Video /