Piala AFC: Persija Jakarta 1-3 Home United

Bikin Blunder Lagi, Kiper Persija Tetap Dibela Pelatih

Krisna Octavianus    •    15 Mei 2018 23:08 WIB
persijapiala afc
Bikin Blunder Lagi, Kiper Persija Tetap Dibela Pelatih
Skuat Timnas Persija saat menjamu Home United di leg kedua semifiinal Piala AFC Zona ASEAN di SUGBK (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco membuat keputusan mengejutkan saat menentukan starting line-up Persija kontra Home United di leg kedua semifinal Piala AFC zona ASEAN. Ia kembali memilih Rizky Darmawan untuk mengawal mistar gawang Macan Kemayoran.

Sosok Rizky diketahui sempat disorot pada leg pertama ketika Persija bertandang ke markas Home United, pekan lalu. Di pertandingan itu, ia melakukan blunder yang akhirnya memaksa Persija takluk 3-2. Namun, Teco tidak mempertimbangkan hal tersebut dan tetap mempercayakannya pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa 15 Mei 2018.

Sama seperti di leg pertama, Rizky kembali melakukan blunder. Gol pembuka Home United yang dicetak Shahril Ishak saat laga baru masuk menit keenam tidak tidak lepas dari kesalahannya yang gagal melakukan tangkapan dengan sempurna.
 

Baca: Diwarnai Kontroversi, Persija Tersingkir dari Piala AFC


Meski sempat bangkit dan menyamakan kedudukan, Persija yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-37 akhirnya harus menyerah 1-3. Dua gol tambahan Home United dicetak Ishak dan Song Ui-young.

Menyikapi hal tersebut, Teco beralasan, dia tidak punya pilihan selain menurunkan Rizky Darmawan. Pasalnya, Daryono juga tidak fit selepas laga melawan Madura United. Apalagi Andritany Ardhiyasa yang juga dalam pemulihan cedera.

"Rizky kiper muda, saya pikir dia punya kualitas tapi mental belum siap. Kualitas, teknik, dia punya. Kasian dia waktu di kandang Home United, pas seri 2-2, bola terakhir dia salah, mungkin sudah drop. Ini sepak bola, ketika kehilangan Andritany kiper terbaik, itu sulit," ujar Teco seusai laga.
 

Baca juga: Teco: Wasit Merugikan Persija!


"Daryono tidak dalam kondisi baik. Saat main lawan Madura, dia ditabrak, jadi cedera, sempat absen dalam latihan. Kita cuma punya satu kiper. Kita harus support pemain seperti Rizky, tim salah bukan satu pemain yang salah," lanjutnya.

Teco pun tak lupa menghaturkan permohonan maaf seusai gagal membawa Persija ke final Piala AFC zona ASEAN. 

"Kita harus fokus di liga, Piala AFC sudah lewat dan sudah sesuai target manajemen. Kita mau main di final, tapi maaf tidak bisa," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Siman Optimistis Sumbang Medali di Asian Games




(ACF)