Bersitegang dengan Pemain Inti, Timnas Denmark Terpaksa Bawa Atlet Futsal

Gregah Nurikhsani Estuning    •    05 September 2018 14:43 WIB
Timnas Denmark
Bersitegang dengan Pemain Inti, Timnas Denmark Terpaksa Bawa Atlet Futsal
Timnas Denmark saat tampil di Piala Dunia 2018. (Foto: Twitter/@DBUfodbold)

Kopenhagen: Tim nasional Denmark memasukkan pemain-pemain kelas dua dan atlet futsal jelang laga uji coba kontra Slovakia dan Wales. Ini terjadi lantaran ada polemik antara pemain inti dengan kebijakan sponsor.

Ketegangan bermula saat PSSI-nya Denmark, DBU, melarang para pemainnya untuk menggunakan produk yang telah menjadi sponsor individu, apalagi yang secara marketing merupakan pesaing sponsor dari DBU itu sendiri.

Hal tersebut membuat para pemain inti berang dan merasa kebijakan tersebut tidak bisa dibenarkan. Mereka lantas mogok main, dan ini membuat DBU tak punya pilihan lain.

DBU kemudian memanggil pemain-pemain dari divisi rendah dan sejumlah atlet futsal untuk mengisi slot yang kosong. Pasalnya, jika tidak segera menyetor nama ke federasi sepak bola Eropa terkait laga internasional, Denmark terancam dicoret dari UEFA Nations League, bahkan dari Piala Euro 2020.

Berdasarkan keterangan media massa terkemuka Denmark, Ekstra Bladet, skuat yang dibawa, khususnya di laga kontra Slovakia dan Wales, terdiri dari pemain yang tidak terkenal yang bermain di divisi rendah Liga Denmark.

Parahnya lagi, pelatih Aage Hareide juga diinstruksikan untuk tidak memainkan pemain yang bukan pilihan DBU. Ini tentu menyulitkan Hareide mengingat persaingan menuju Piala Euro 2020 sangatlah ketat.

Hingga berita ini naik, pihak DBU sebetulnya masih berupaya melakukan pembicaraan dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Denmark. Namun demikian, selambat-lambatnya pun keputusan baru akan diketahui setelah jeda internasional bulan ini, yang artinya, dua laga terdekat kontra Slovakia dan Wales akan berisi pemain-pemain 'receh' serta atlet profesional timnas futsal Denmark.

Video: Data & Fakta Venue Jetski Asian Games 2018
 


(PAT)


Video /