Ballon d'Or 2018

Menilik Perjalanan Modric hingga Mendapatkan Ballon d'Or

M. Rizky Adhestian    •    04 Desember 2018 11:16 WIB
ballon dor
Menilik Perjalanan Modric hingga Mendapatkan Ballon d'Or
Luka Modric (Foto: Mladen ANTONOV / AFP)

Paris: Sesuai prediksi berbagai kalangan, penghargaan Ballon d'Or 2018 jatuh ke tangan gelandang Real Madrid, Luka Modric. Pemain berusia 33 tahun itu mengalahkan 29 nama-nama tangguh, yang pastinya termasuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Satu dekade dominasi Ronaldo-Messi berhasil dipatahkan Modric, tepatnya pada Selasa 4 Desember dini hari tadi. Namun, apakah memang kapten Kroasia tersebut layak mendapatkan penghargaan prestisius dari media France Football tersebut?

Modric mengungguli Ronaldo dan Antoine Griezmann, yang finis di urutan kedua dan ketiga klasemen Ballon d'Or 2018. Melihat prestasi selama satu tahun ini, Ronaldo dan Griezmann tidak kalah jauh dari Modric.

Baca: Daftar Pemenang Ballon d'Or 2018

Ronaldo misalnya. Kapten Timnas Portugal itu masih berseragam Real Madrid saat menjuarai Liga Champions 2018 -- 2019. Bersama Modric, Ronaldo berperan penting dalam membawa Los Blancos menggapai babak pamungkas untuk mengalahkan Liverpool.

Namun demikian, Piala Dunia 2018 bisa menjadi pertimbangan besar. Seperti diketahui, perjalanan Portugal berakhir lebih awal ketimbang Kroasia. Meski mampu mencetak empat gol, Ronaldo hanya mampu membawa Portugal hingga babak 16 besar.

Sementara itu, Modric mampu membawa Kroasia untuk meraih babak final Piala Dunia mereka sepanjang sejarah. Tetapi nahas, perjalanan tersebut tidak bisa menjadi lebih manis usai Vatreni ditaklukkan Prancis 4-2 di final.

Ya, di sini pula kelayakkan Griezmann meraih Ballon d'Or 2018 patut dipertimbangkan. Pemain Atletico Madrid itu menjadi salah satu pemain paling bersinar di Piala Dunia 2018. Ia tercatat mencetak empat gol dan dua assist.

Baca: Modric Persembahkan Trofi Ballon d'Or untuk Xavi dan Iniesta

Terlebih, sebelumnya Griezmann sukses mengantarkan Atletico menjuarai Liga Europa 2018--2019, setelah terdegradasi dari fase grup Liga Champions. Percaya diri Griezmann untuk meraih Ballon d'Or sempat mencuat usai meraih Piala Dunia dan Liga Europa.

Akan tetapi, Modric mampu menyabet dua penghargaan individual yang juga tak kalah prestisius sebelum Ballon d'Or tahun ini. Dua penghargaan tersebut ialah Pemain Terbaik Piala Dunia 2018 dan Pemain Terbaik Putra FIFA 2018.

Alhasil, Modric meraih 753 suara dari jurnalis-jurnalis Eropa terpilih untuk mengangkat trofi Ballon d'Or 2018. Eks gelandang Tottenham Hotspur itu bahkan melempar Messi (280 suara) keluar dari tiga besar untuk pertama kalinya sejak 2006.

Sebelumnya, satu pemain yang juga paling kuat diprediksi menyabet Ballon d'Or 2018 adalah bek Madrid, Raphael Varane. Namun, setelah memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia, Varane hanya finis di urutan ketujuh dengan total 121 suara.




(ASM)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /