Pada Hari Ini

1976: Gol Penalti Panenka Antar Rep Ceko Juara Eropa

Alfa Mandalika    •    20 Juni 2017 10:08 WIB
pada hari ini
1976: Gol Penalti Panenka Antar Rep Ceko Juara Eropa
Momen penalti Panenka. (Foto: Ist)

Metrotvnews.com: Republik Ceko punya kenangan manis di ajang Piala Eropa 1976. Tepat pada hari ini, 20 Juni 1976, mereka menjuarai Piala Eropa.

Meski hanya diikuti oleh empat negara, Republik Ceko tetap antusias melakoni setiap pertandingan. Lawan pertama yang dihadapi Rep Ceko ialah Belanda. Ketika itu, Rep Ceko berhasil menang dengan skor 3-1.

Berlanjut pada babak final, Rep Ceko menantang Jerman Barat yang mengalahkan Yugoslavia. Striker Rep Ceko, Jan Svehlik langsung membuka gol pada menit kedelapan.

Lalu, Rep Ceko menambah gol melalui aksi Karol Dobias pada menit 25. Namun, Jerman Barat tidak menyerah begitu saja. Mereka memperkecil kedudukan lewat aksi striker Dieter Mueller.

Baca: Presiden Real Madrid Angkat Bicara soal Isu Masa Depan Ronaldo


Memasuki babak kedua, pertandingan kian sengit. Dan sampai menit 89, Bernd Holzenbein mencetak gol melalui sundulan dan mengubah skor menjadi 2-2.

Pertandingan pun berlanjut sampai adu penalti. Rep Ceko akhirnya mendapatkan hasil manis. Berawal dari kegagalan sepakan penalti Uli Hoener. Lalu, kesempatan terakhir dari kubu Rep Ceko diambil oleh Antonin Panenka.

Baca: Ronaldo Konsultasikan Masalahnya di Real Madrid dengan Sir Alex Ferguson


Ia mampu mengecoh kiper Jerman Barat, Sepp Maier. Panenka melakukan penalti dengan pelan dan mengarahkan bola ke tengah. Rep Ceko pun menyegel gelar Piala Eropa pertama.

Gara-gara gerakan penalti itu pula, penalti panenka menjadi terkenal sampai saat ini. 

Video: Donnarumma Dilempari Uang Palsu oleh Suporter
 


(ASM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

20 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /