Pada hari ini

1979: Gelar Pertama Barcelona di Kompetisi Eropa

A. Firdaus    •    16 Mei 2017 09:13 WIB
pada hari ini
1979: Gelar Pertama Barcelona di Kompetisi Eropa
Hans Krankl, salah satu pemain andalan Barca waktu itu (Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Barcelona pada 16 Mei 1979 menorehkan gelar juara Piala Winners. Prestasi itu didapat dengan susah payah usai menyudahi perlawanan wakil Jerman, Fortuna Duesseldof.

Bermain di stadion St Jakob, Basel, kedua klub saling bergantian mencetak gol cepat. Gelandang Barca, Jose Vicente Sanchez mencetak gol pembuka pada menit kelima. Namun tiga menit berselang, Duesseldorf yang pertama kali tampil di kompetisi ini mampu menyeimbangkan kedudukan lewat aksi Thomas Allofs.

Kedua klub akhirnya kembali bertukar gol. Pemain Barca Juan Manuel Asensi sempat membuat klubnya unggul pada menit ke-34, sebelum Wolfgang Seel pada menit ke-41 kembali membuat keadaan menjadi imbang 2-2.

Klik di sini: Seribu Gol Chelsea di Era Roman Abramovich

Setelah empat gol tercipta pada paruh pertama, kemudian pertandingan kering gol. Sehingga laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu, Blaugrana mulai menunjukkan taji mereka. Striker Barca, Carles Rexach membuat klubnya unggul 3-2 setelah mencetak gol pada menit ke-104. Lalu rekan seklubnya, Hans Krankl mencetak gol tujuh menit berselang untuk  membuat skor 4-2 bagi keunggulan Barca.

Duesseldorf sempat memperkecil kedudukan lewat aksi kedua Seel pada menit ke-114. Sayang, pemain internasional Jerman itu gagal menyeimbangkan kedudukan karena beberapa peluangnya tak berbuah gol.

Klik di sini: Deretan Klub yang Telah Memastikan Tampil di Liga Champions Musim Depan

Alhasil Barca menang dengan skor 4-3. Sekaligus menahbiskan diri sebagai yang terbaik di Piala Winners dan menjadi gelar perdana mereka di kompetisi Eropa.

Selain musim 1979, Raksasa Katalan ini juga pernah meraih gelar di kompetisi ini pada musim 1982, 1989, dan 1997. Sekaligus membuat mereka menjadi klub yang paling banyak meraih gelar Piala Winners. (TDIFH)

Feyenoord Juara Liga Belanda Musim 2016/2017
 


(FIR)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

10 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /