Jelang Timnas Indonesia vs Islandia

Andik: Meski Sulit, Timnas Tetap Punya Peluang Kalahkan Islandia!

Kautsar Halim    •    12 Januari 2018 20:19 WIB
timnas indonesialaga uji cobatimnas islandia
Andik: Meski Sulit, Timnas Tetap Punya Peluang Kalahkan Islandia!
Andik Vermansyah saat mengikuti sesi latihan Timnas Indonesia jelang laga kontra Islandia (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Andik Vermansyah mewaspadai permainan disiplin yang diterapkan Islandia. Oleh karena itu, ia berpendapat agar timnas Indonesia tidak usah terlalu banyak menguasai bola saat bertanding.

Timnas dijadwalkan menghadapi laga uji coba kontra Islandia pada Minggu 14 Januari. Jalannya pertandingan bakal berlangsung istimewa karena berlokasi di Stadion Gelora Bung Karno yang baru selesai direnovasi.

Sebelum menghadapi timnas Indonesia, Islandia sempat menjajal tim Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo pada Jumat 11 Januari lalu. Dalam laga yang sempat diwarnai hujan itu, Islandia tampil superior dan meraih kemenangan telak 6-0.
 

Baca: Timnas Indonesia Gelar Latihan di Lapangan ABC


Andik yang merupakan mantan pemain Selangor FA turut menyaksikan permainan Islandia kontra Indonesia Selection. Dari situ, ia berpendapat bahwa timnas Indonesia bakal mendapat tantangan besar.

"Laga nanti (kontra Islandia) benar-benar membutuhkan kondisi mental dan fisik yang sangat kuat. Sebab, saya kemarin melihatnya Islandia bagus di semua lini dan tampil sangat disiplin," kata Andik usai latihan timnas U-23 di Lapangan ABC, Jakarta, Jumat 12 Januari 2018.

"Sejauh ini saya belum mengetahui kelemahan Islandia karena pas pertandingan mereka kemarin dalam kondisi hujan," tambahnya.

Sekalipun peluang minim, Andik tidak patah semangat untuk menghadapi Islandia. Menurutnya, peluang untuk menang tetap ada asal para rekannya tampil percaya diri dan tidak banyak mengolah bola.
 

Baca juga: Presiden Jokowi akan Resmikan Renovasi SUGBK


"Mudah-mudah kami mainnya nanti jangan terlalu lama memainkan bola dan harus percaya diri juga karena tampil sebagai tuan rumah. Sekalipun mereka peserta Piala Dunia, saya yakin kami bisa," ujar Andik.

Namun, sekalipun kalah, Andik mengaku tidak akan kecewa. Pasalnya dia dan seluruh bagian timnas Indonesia bakal mendapat pelajaran berharga.

"Peluang untuk menang memang kecil, tapi saya berharap bisa mendapat pengalaman yang bagus dan bisa mendapat contoh bagus dari mereka yang berpenduduk sedikit," tutup pemain yang hingga kini belum mendapatkan klub itu.

Video: ?Menengok Kemegahan Gelora Bung Karno Pasca Renovasi



(ACF)