Jelang Thailand vs Indonesia

Preview Thailand U-19 vs Indonesia U-19: Garuda Nusantara di Atas Angin

A. Firdaus    •    09 Juli 2018 13:21 WIB
piala aff u-19
Preview Thailand U-19 vs Indonesia U-19: Garuda Nusantara di Atas Angin
Selebrasi Muhammad Rafli saat mencetak gol ke gawang Singapura (Foto: Antara/Zabur Karuru/)

Jakarta: Laga sarat gengsi terjadi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Ada Duel yang mempertemukan antara Indonesia U-19 menghadapi Thailand U-19 di ajang Piala AFF U-19 2018 hari ini, Senin 9 Juli 2018.

Meski Indonesia sudah lolos ke semifinal setelah mampu menaklukan Vietnam 1-0 lewat gol Muhammad Rafli, toh pelatih Indra Sjafri memandang laga melawan Thailand akan tetap berjalan ketat.

Pasalnya, di kubu Thailand yang berstatus sebagai juara bertahan, terancam tak bisa lolos ke semifinal. Mereka masih bersaing dengan Vietnam yang pada saat bersamaan bakal menghadapi tim lumbung poin, Singarpura.

Meski hanya mengincar hasil imbang dengan Indonesia, tentunya pasukan Issara Sritaro ini tak mau kalau masa depan mereka ditentukan oleh tim lain. Untuk itu, kemenangan menjadi harga mati buat Thailand saat berjumpa Garuda Nusantara.

Klik di sini: Beragam Fakta Menarik jelang Semifinal Piala Dunia 2018

Di satu sisi pelatih Indra Sjafri mengingatkan publik bahwa Nurhidayat dan kawan-kawan mengincar posisi juara grup A. Walaupun Indra Sjafri akan merotasi beberapa pemainnya pada laga nanti. Seperti akan mencadangkan pemain kunci Saddil Ramdani.

Tentu ini menjadi momen buat pasukan Indra Sjafri untuk mematikan Thailand sejak dini., jika Indonesia U-19 tak mau bertemu di final. Sebab jika Thailand lolos, maka bisa menyulitkan Garuda Nusantara di partai final nanti, dengan catatan kedua tim sama-sama menang pada semifinal.

Catatan Pertemuan Memihak Thailand
Bagi kedua tim, duel yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo merupakan pertemuan ketujuh di ajang Piala AFF U-19. Thailand menang empat kali dan Indonesia sekali meraih kemenangan.

Sementara sisanya, Thailand menang dalam drama adu penalti pada Piala AFF tahun lalu, setelah dalam waktu normal kedudukan sama kuat. Ketika itu, Indonesia kalah 2-3 oleh Thailand yang akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0.

Sedangkan Indonesia harus puas menempati urutan ketiga. Egy Maulana Vikri menang dalam perebutan peringkat ketiga atas tuan rumah Myanmar dengan skor telak 7-1.

Pada pertandingan ini, Indonesia berharap kejadian lima tahun silam terulang. Di mana mereka berhasil meraih kemenangan atas Thailand dengan skor 3-1. Kemenangan itu menjadi salah satu langkah Evan Dimas dan kawan-kawan mengangkat trofi Piala AFF U-19 setelah mampu mengalahkan Vietnam di final.

Catatan Pertemuan Thailand vs Indonesia di Piala AFF U-19:
Piala AFF 2002: Thailand 3-1 Indonesia
Piala AFF 2005: Indonesia 1-2 Thailand
Piala AFF 2013: Indonesia 3-1 Thailand
Piala AFF 2014: Indonesia 2-6 Thailand
Piala AFF 2016: Indonesia 2-3 Thailand
Piala AFF 2017: Indonesia 0-0 Thailand (2-3 adu penalti)

Prakiraan Susunan Pemain indonesia
Riyandi; Asnawi, Nurhidayat, Kadek, Firza; Abimanyu, Luthfi, Rafi; Feby, Saghara, Witan

Timnas Brasil Pulang Kampung



(ASM)