Pada Hari Ini

2002: Italia Korban Pertandingan "Kotor" ala Korea Selatan

Rendy Renuki H    •    18 Juni 2017 07:25 WIB
pada hari ini
2002: Italia Korban Pertandingan
(CHOI JAE-KU / AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Pada hari ini, 18 Juni 2002 silam tentu akan selalu diingat Timnas Italia yang menjadi korban pertandingan "kotor" melawan Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Italia secara mengenaskan kalah 1-2 dari tuan rumah Korsel pada babak 16-besar di Daejeon World Cup Stadium.

Menghadapi Korsel, Gli Azzurri diprediksi akan melangkah mulus ke babak perempat final. Sayang kenyataan di lapangan berbicara lain. Pasukan Negeri Ginseng lah yang berhasil mempermalukan Italia yang harus menerima kenyataan tim mereka keok pada laga yang jauh dari kata fair-play.

Christian Vieri sempat membuat laga terlihat mudah bagi Italia usai mencetak gol menit ke-18. Namun usai itu Italia justru kesulitan karena harus menghadapi permainan ala sepak bola jalanan.

Situasi semakin sulit bagi Italia karena Christian Panucci mencetak gol bunuh diri menit ke-88 dan harus menjalani perpanjangan waktu. Belum usai di situ, Italia bahkan harus bermain dengan 10 orang di babak perpanjangan waktu setelah Francesco Totti menerima kartu kuning kedua dari wasit kontroversial, Byron Moreno.

(Baca: Rusia Jalani Laga Pembuka dengan Sempurna)


Anehnya, wasit asal Ekuador tersebut seperti menutup mata dengan permainan keras yang ditampilkan Korsel. Permainan kasar Korsel hanya diganjar empat kartu kuning oleh wasit kontroversial itu.

Ahn Jung Hwan akhirnya menjadi musuh besar Italia setelah mencetak gol penentu kemenangan Korsel menit ke-117. Gelaran Piala Dunia yang kala itu masih menganut peraturan golden gol, praktis membuat Korsel memastikan diri menjadi pemenang.

Italia pun kandas di babak 16-besar Piala Dunia 2002, sementara Korsel melaju hingga semifinal setelah di perempat final menyingkirkan Spanyol kembali dengan permainan jalanan ala mereka.

Italia pun menuntut balas dengan membatalkan kontrak Ahn Jung Hwan bersama Perugia sehari setelah pertandingan. Pemilik Perugia Luciano Gaucci mengatakan, "Saya tidak berniat membayar gaji kepada pemain yang telah menghancurkan sepak bola Italia." (TDIFH)

Video: Pele Hadiri Acara Hitung Mundur Piala Dunia di Rusia
 


(REN)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

15 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /