Pada Hari Ini

1975: Pele Cetak Gol pada Debut di New York Cosmos

Rendy Renuki H    •    15 Juni 2017 06:08 WIB
pada hari ini
1975: Pele Cetak Gol pada Debut di New York Cosmos
Pele (baris paling depan) (Foto: google/espnfc)

Metrotvnews.com, New York: Pada hari ini, 15 Juni 1975 silam, Pele, sang legenda hidup sepak bola Brasil menandai debutnya bersama New York Cosmos dengan mencetak satu gol. Pele membantu New York Cosmos terhindar dari kekalahan atas Dallas Tornado setelah bermain imbang 2-2 di kompetisi NASL (Liga Amerika Utara).

Superstar Brasil itu baru saja mengakhiri 19 kariernya bersama Santos di Liga Brasil. Keputusan hengkang Pele membuat Cosmos bergerak cepat untuk mendatangkan salah satu talenta terbaik lapangan hijau yang telah lama diincarnya.

Alhasil, Pele pun berhasil digoda Cosmos yang menyodorkan kontrak senilai USD2,8 juta. Upaya Cosmos mendatangkan Pele pun rupanya untuk menaikkan minat warga Amerika terhadap kompetisi NASL yang kala itu baru berjalan delapan tahun.

(Baca: Abbiati Kembali ke Milan sebagai Manajer Klub)


Pamor Pele pun belum banyak dikenal saat memulai debut bersama Cosmos di Stadion New York's Randall Island Ground. Maklum saja di Negeri Paman Sam sepak bola, bahkan hingga saat ini tidak setenar olahraga basket hingga football (sepak bola khas Amerika).

Namun, Pele mampu membuktikan kapasitasnya sebagai pemain kelas dunia dengan langsung mencetak gol, tak peduli bermain di mana pun. Ia mencetak gol ke gawang Dallas Tornado memanfaatkan assist Mordechai Shpigler, yang akhirnya juga mencetak gol kedua bagi Cosmos.

Sayang, Cosmos harus mengakhiri musim tersebut dengan catatan 10 kemenangan dan 12 kekalahan. Namun, Pele mampu membawa Cosmos bangkit dan menjuarai NASL pada 1977 yang merupakan musim terakhir Pele sebelum pensiun dari lapangan hijau. (TDIFH)

Video: Real Madrid Rilis Jersey Kandang dan Tandang Musim 2017-2018
 


(REN)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

7 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /