Indonesia vs Vietnam U-19

Gol Tunggal Rafli Antar Timnas U-19 ke Semifinal

Krisna Octavianus    •    07 Juli 2018 20:59 WIB
timnas u-19piala affpiala aff u-19
Gol Tunggal Rafli Antar Timnas U-19 ke Semifinal
M. Rafli (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Sidoarjo: Tim nasional Indonesia U-19 berhasil melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2018. Kepastian itu mereka dapatkan usai menang tipis 1-0 atas Vietnam pada laga keempat, Sabtu 7 Juli malam WIB.

Sejak awal laga, kedua tim saling jual beli serangan. Akan tetapi, setelah setengah jam, Indonesia bisa menguasai pertandingan dengan penguasaan bola dan membuat Vietnam tak bisa mengembangkan permainan. Akan tetapi, tidak ada gol pada babak pertama.

Pada babak kedua, arah pertandingan tidak berubah. Tim asuhan Indra Sjafri tetap menekan. Hal itu memaksa Vietnam bermain dengan mengandalkan serangan balik.

Meski menyerang, Garuda Nusantara gagal membongkar pertahanan Vietnam yang sangat rapat. Seringkali, Asnami Mangku Alam dkk mengalami kebuntuan pada sepertiga akhir. Hal ini memaksa Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo Ferre dan M. Rafli.

Keputusan Indra Sjafri sangat tepat. Berawal dari penetrasi Todd Ferre yang melewati empat pemain Vietnam, tetapi tendangannya mengenai mistar gawang.

Namun, bola hasil tendangan Todd Ferre yang mengenai mistar gawang jatuh dihadapan M. Rafli. Tanpa ampun, striker Mitra Kukar itu menendang dengan kaki kiri dan mempu membobol gawang Vietnam pada menit ke-80.

Selepas gol Rafli, Vietnam berganti menekan Indonesia. Berulang kali mereka membahayakan gawang Garuda Nusantara yang dijaga M. Riyandi. Bahkan, ada dua peluang yang mereka hasilkan untung saja masih belum menemui sasaran.

Sampai peluit tanda berakhirnya pertandiungan, skor 1-0 bertahan. Kemenangan ini membuat Indonesia U-19 lolos ke semifinal meski masih ada satu pertandingan lagi melawan Thailand pada 9 Juli. Sejauh ini, timnas U-19 sudah menyapu bersih empat laga. Laga terakhir melawan Thailand akan menentukan juara grup.





(KRS)


Video /