Jelang Slovenia vs Inggris

Preview Slovenia v Inggris: Waspada, Jangan Terpeleset Inggris!

Alfa Mandalika    •    11 Oktober 2016 13:37 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
<i>Preview</i> Slovenia v Inggris: Waspada, Jangan Terpeleset Inggris!
Skuat Inggris sedang berlatih. (Foto: AFP/ Paul Ellis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Inggris bakal melakoni laga ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kontra Slovenia. Laga dini hari nanti, skuat Tiga Singa bakal menyambangi kandang Slovenia di Stadion Stozice, Ljubljana.

Saat ini, Inggris memimpin klasemen Grup F dengan mengemas enam poin dari dua kemenangan. Pada laga pertama, Inggris sukses mengungguli Slovakia dengan skor tipis 0 - 1. Ketika itu, Adam Lallana menjadi penentu kemenangan berkat gol semata wayangnya pada injury time pertandingan.

Laga kedua, Inggris lebih taktis. Meski diguncang dengan diberhentikannya pelatih Sam Allardyce, Inggris sukses mengandaskan perlawanan Malta dengan skor 2 - 0. Daniel Sturridge dan Bamidele Alli menjadi pencetak gol.

Kini, di bawah asuhan pelatih sementara Gareth Southgate, Inggris ditantang Slovenia. Tuan rumah memiliki catatan lumayan pada dua laga terakhir kualifikasi. Mereka berhasil menahan imbang Lithuania dan unggul tipis atas Slovakia.


Baca: Kontra Slovenia, Southgate akan Cadangkan Rooney


Inggris bisa memanfaatkan rekor pertemuan lantaran selalu unggul atas Slovenia sejak 2009. Namun, semangat juang Josip Ilicic dkk jangan dianggap enteng. Apalagi, motivasi mereka kian meninggi karena bertanding di hadapan pendukungnya sendiri.

Tim tamu juga harus mewaspadai gebrakan Slovenia, terutama pada babak kedua. Dari dua laga terakhir, Slovenia selalu mencetak gol di atas menit ke-70. Itu berarti, konsentrasi bek-bek Inggris harus tetap terjaga sampai peluit panjang dibunyikan.

Slovenia bakal tampil tanpa beban karena di atas kertas, mereka merasa bukan unggulan. Oleh karena itu, peluang Slovenia menjungkalkan Inggris terbuka.

Wayne Rooney kembali dicadangkan
Jelang pertandingan, Inggris tengah diguncang dengan kabar dicadangkannya kembali Wayne Rooney. Southgate sudah memberikan konfirmasi akan hal tersebut.

Dengan absennya Rooney, ban kapten langsung diberikan kepada gelandang Liverpool, Jordan Henderson.

"Keputusan terbesar dalam karier saya? Membuat beberapa teman yang benar-benar dekat menjadi pesakitan. Itu mungkin sebagian besar seperti yang Anda katakan," kata Southgate seperti dilansir Daily Mail.

"Saya harus membuat keputusan yang tepat untuk tim. Setiap kali Anda memilih tim Inggris, Anda akan meninggalkan beberapa orang di bangku cadangan yang bermain setiap pekan di Liga Primer Inggris untuk klub mereka," lanjutnya.

"Anda harus siap untuk melakukan itu, itu bagian dari pekerjaan," sambung Southgate.

Baca: Oblak Anggap Wayne Rooney Masih Pemain Kunci Inggris


Berbicara soal fakta di lapangan, Rooney memang tampil mengecewakan. Performanya sebagai gelandang tengah tidak memberikan kontribusi nyata. Bahkan, pemain 30 tahun itu sempat mendapatkan ejekan dari suporter Inggris.

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, gelandang Tottenham Hotspur, Eric Dier bisa menjadi alternatif pengganti Rooney. Dier bakal mendampingi Henderson di lini tengah.

Southgate bisa menurunkan Alli sebagai playmaker dan Sturridge sebagai juru gedor. Jesse Lingard dan Marcus Rashford bisa tampil sejak menit awal.

Head to Head:
Slovenia 2 - 3 Inggris (14/6/2015)
Inggris 3 - 1 Slovenia (16/11/2014)
Slovenia 0 - 1 Inggris (23/6/2010)
Inggris 2 - 1 Slovenia (5/9/2009)

Prakiraan susunan pemain:
Slovenia: Oblak, Struna, Samardzic, Cesar, Jokic, Ilicic, Birsa, Krhin, Kurtic, Verbic, Bezjak

Inggris: Hart, Walker, Stones, Cahill, Rose, Dier, Henderson, Lingard, Alli, Rashford, Sturridge

Prediksi Metrotvnews.com:
Slovenia 50 - 50 Inggris

Video: Southgate Tak Takut Cadangkan Rooney



(ASM)

Video /