Timnas AS

Klinsmann Dipecat dari Kursi Pelatih AS

Patrick Pinaria    •    22 November 2016 07:02 WIB
liga dunia
Klinsmann Dipecat dari Kursi Pelatih AS
Juergen Klinsmann (Foto: AFP/Mark Ralston)

Metrotvnews.com, Washington: Petualangan Juergen Klinsmann bersama timnas Amerika Serikat sudah berakhir. Pria asal Jerman tersebut resmi dipecat sebagai pelatih AS pada Senin 21 November WIB.

Keputusan tersebut akhirnya diambil Asosiasi Sepak Bola AS setelah melihat serangkaian hasil buruk yang didapat AS pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 pada dua pekan lalu.

Hasil buruk dimulai saat timnas AS menjamu Meksiko pada Sabtu 12 November. Ketika itu, tim yang berjuluk The Stars and Stripes itu kalah dengan skor 1-2.

Kemudian, AS kembali menelan kekalahan saat bertandang ke markas Kosta Rika dengan skor 0-4 pada 16 November. Kekalahan dari Kosta Rika merupakan kekalahan terburuk AS sejak 1957.

Baca: Setelah Gerrard, Giliran Robbie Keane Tinggalkan LA Galaxy


Meski gagal membawa AS bersinar pada tahun ini, Klinsmann tetap layak mendapat apresiasi. Mengingat, sang pelatih pernah memberikan beberapa prestasi untuk AS.

Salah satu prestasi yang pernah diberikannya adalah membawa AS juara Piala Emas CONCACAF 2013. Selain itu, ia pernah membawa The Yanks meraih 12 kemenangan beruntun sepanjang 2013 yang merupakan kemenangan sepanjang sejarah bagi mereka.

"Kami ingin berterima kasih kepada Klinsmann atas kerja keras dan komitmen selama lima tahun terakhir ini. Sebuah kebanggaan timnas AS bisa dilatihnya dan ada prestasi yang cukup baik selama masa jabatannya," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola AS, Sunil Gulati.

Baca: Saviola Yakin Gonzalo Higuain Masih Tajam


"Kami tetap yakin bisa maju ke Piala Dunia 2018 di Rusia karena kami memiliki pemain berkualitas. Setelah kami tertinggal cukup jauh, kami harus segera mencari jalan lain," tambahnya.

"Dengan pertandingan kualifikasi berikutnya pada akhir Maret, kami memiliki beberapa bulan untuk kembali fokus dan menentukan cara terbaik agar bisa lolos ke Piala Dunia untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut," tutur Klinsmann.

Saat ini, Asosiasi Sepak Bola AS belum mengumumkan pengganti yang tepat untuk Klinsmann. Namun, sejumlah media meyakini pelatih LA Galaxy, Bruce Arena menjadi kandidat kuat untuk menggantikan tugas Klinsmann sebagai pelatih AS. (Soccerway)


Video: Rekor Pertemuan Indonesia vs Filipina

 


(PAT)

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari
Jelang Final Piala AFF 2016

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari

1 hour Ago

Stadion Pakansari yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor telah sukses menggelar laga semifina…

BERITA LAINNYA
Video /