Jelang Singapura vs Indonesia

Bima Sakti: Karakter Fandi Ahmad jadi Cerminan Kekuatan Singapura

Rendy Renuki H    •    06 November 2018 15:11 WIB
timnas indonesiapiala aff
Bima Sakti: Karakter Fandi Ahmad jadi Cerminan Kekuatan Singapura
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Bima Sakti telah mempelajari kekuatan Singapura yang menjadi lawan pertama Indonesia di Grup B Piala AFF 2018. Kekuatan tersebut dipelajarinya tak lain dari pelatih tim berjuluk "The Lion", Fandi Ahmad.

Pelatih Timnas Singapura itu memang bukan sosok asing bagi BIma Sakti. Semasa menjadi pemain, ia dan Fandi Ahmad sempat beberapa kali bertemu, baik di level klub maupun Timnas.

Bahkan, Bima mengakui sempat kecolongan oleh Fandi Ahmad ketika Indonesia bertemu Singapura di SEA Games Jakarta 1997. Meski pada laga tersebut, Indonesia tetap berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 2-1.

"Saya sempat main dengan beliau, bahkan saya sempat kecolongan lewat gol sundulan dia ke gawang Indonesia. Kemarin sempat ketemu juga waktu uji coba U-23 di Singapura. Kami sudah lihat cara main mereka dan karakter pelatih bisa menjadi gambaran timnya akan seperti apa," ujar Bima usai latihan terakhir Timnas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa 6 November.

Menurutnya, saat ini kekuatan Timnas Singapura lebih baik ketimbang beberapa tahun belakangan. Apalagi, ada pemain Singapura yang berpostur tinggi. Menurut Bima Sakti itu akan menjadi keuntungan tersendiri saat situasi tertentu.

"Sudah melihat bagaimana kelebihan Singapura, mereka memiliki pemain dengan postur tinggi. Jadi saat sepak pojok kami harus antisipasi berapa pemain yang masuk saat menyerang dan juga saat bertahan. Jadi itu yang harus kami waspadai," pungkasnya.

Pada Piala AFF 2018, Indonesia tergabung di Grup B bersama Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. Timnas Indonesia sendiri rencananya akan langsung bertolak ke Singapura pukul 16.30 WIB nanti menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 838.

Setibanya di Singapura, skuat Garuda akan menginap di hotel Peninsula Excelsior. Laga kontra Singapura di Stadion Nasional akan digelar pada Jumat 9 November mendatang.

Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018



(FIR)


Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste
Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste

10 minutes Ago

Bermain di hadapan publik sendiri, Indonesia memang pantas menang atas Timor Leste, setidaknya …

BERITA LAINNYA
Video /