Jelang Kualifikasi Piala Asia U-16

Mengenal Kepulauan Mariana Utara, Lawan Perdana Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16

A. Firdaus    •    16 September 2017 15:50 WIB
piala asia u-16
Mengenal Kepulauan Mariana Utara, Lawan Perdana Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16
(Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 45 tim akan memperebutkan 16 tiket putaran final Piala Asia U-16. Termasuk Malaysia yang lolos secara otomatis sebagai tuan rumah.

Dari 45 tim yang berjuang, Indonesia salah satu di antaranya. Skuat yang diarsiteki Fachri Husaini ini tergabung dalam grup G yang digelar di Rajamangala Stadium, Thailand.

Menariknya, selain tergabung bersama tuan rumah Thailand, Laos, dan Timor Leste ada juga tim yang asing didengar, yaitu Kepulauan Mariana Utara. Lalu siapa mereka?

Klik di sini: Jelang Laga Perdana, Pelatih U-16 Buta Kekuatan Mariana Utara

Tim berjuluk Blue Ayuyu ini mulai hidup sepak bolanya pada 1998. Mereka ketika itu mengikuti Micronesia Cup yang merupakan bentukan badan sepak bola asli di Kepulauan Mariana Utara.

Federasi sepak bola Kepuluaan Mariana Utara (NMIFA) memastikan telah diterima sebagai anggota dari Konfederasi Sepak bola Oceania. Namun pada Desember 2006, Federasi Sepak bola Asia Timur (EAFF) mulai mengakui Kepulauan Mariana Utara menjadi anggota sementara mereka.

Tiga tahun berselang, Kepualauan Mariana Utara resmi menjadi anggota AFC. Meski begitu, federasi sepak bola dunia, FIFA belum mengakui mereka. Termasuk nama mereka tidak masuk dalam peringkat FIFA

Klik di sini: Taklukkan Semen Padang, Pelatih BFC Sayangkan Timnya Kecolongan Gol

Pada 2014, tim senior Kepulauan Mariana Utara mencatat kemenangan internasional pertama mereka ketika menghadapi Macau dengan skor 2-1.

Pada tahun yang sama, tim junior Kepulauan Mariana Utara mulai mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-16. Begitupun pada dua tahun berikutnya, namun selalu gagal di babak kualifikasi.

Kini mereka kembali mencoba peruntungannya untuk bisa unjuk gigi dalam persaingan negara-negara Asia. Indonesia menjadi negara pertama yang akan mereka hadapi di kualifikasi ini.

Pelatih timnas U-16, Fachri Husaini berujar kalau buta kekuatan lawan. Sehingga enggan untuk meremehkan calon lawannya tersebut.

"Seperti yang sudah saya katakan, bahwa lawan pertama Kepulauan Mariana Utara. Kami buta kekuatan mereka dan bagaimana mereka bermain nantinya melawan kami. Kami tidak akan pernah mengecilkan lawan-lawan kami. Kami respek dengan mereka semua," ujar Fakhri.

Laga Indonesia kontra Kepulauan Mariana Utara ini akan berlangsung pada pukul 19:30 WIB di stadion Rajamangala, Bangkok. Untuk bisa bermain di putaran final, hanya juara grup dan runner up terbaik yang akan lolos. Jadi jika menang atas Kepulauan Mariana Utara bisa menjadi start bagus buat Garuda Asia.

Ini Penyebab Kegagalan Timnas U-19 Tembus Final Piala AFF U-18
 


(FIR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

23 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /