Klub Lithuania Tertipu Data Fiktif Wikipedia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    03 Februari 2018 11:55 WIB
Klub Lithuania Tertipu Data Fiktif Wikipedia
Barkley Miguel-Panzo ketika diperkenalkan FK Panevezys. (Foto: FK Panevezys Official)

Panev?žys: Sebuah klub sepak bola Divisi 2 Lithuania, FK Panevezys kini berharap tidak ada penyesalan setelah merekrut seorang pemain berdasarkan data Wikipedia. Diketahui bahwa Barkley Miguel-Panzo ternyata tak pernah bermain untuk Queens Park Rangers.

Panevezys begitu senang dan bangga klubnya bisa mendatangkan pemain yang pernah bermain di Liga Inggris. Apalagi berdasarkan keterangan di laman Wikipedia, Barkley disebut sukses melesakkan 45 gol dari 36 pertandingan.

"Panzo memperlihatkan performa cemerlang pada laga persahabatan menghadapi Wigry dan RFS. Penampilannya menunjukkan bahwa sang pemain permain bermain di kejuaraan besar," tulis ofisial FK Panevezys di situs resmi klub.

Statistik lain memaparkan jika Barkley kemudian hijrah ke US Orleans, klub Ligue 2 Prancis dan bermain sebanyak 21 kali dengan lesakkan enam gol. Sayang, pemain berusia 25 tahun itu tak sekalipun pernah berseragam QPR dan kubu Panevezys merasa kecewa.
 

Klik: 10 Pemain Termahal pada Bursa Transfer Januari 2018


Adalah benar bahwa Barkley pernah bermain untuk US Orleans, namun begitu, dirinya hanya bermain untuk tim cadangan. Apa yang tertulis di Wikipedia sedikit berbeda dengan yang tertera di situs penyedia data, Transfermarkt.

Penyerang asal Angola itu disebutkan pernah bermain di Woking FC (klub divisi bawah Liga Inggris), lalu di klub Divisi 3 Swedia, Syrianska dan Oskarshamn. Tapi, keterangan bahwa ia bermain di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Afrika 2017 adalah fiktif.
 
Tidak cuma itu saja, Barkley juga disebut 'mengikat kontrak dengan perusahaan jam tangan asal Swedia, Daniel Wellington'. Lagi-lagi, itu semua tidak benar.

Belum diketahui apakah FK Panevezys akan memutus kontrak Barkley Miguel-Panzo atau tidak. Kemungkinan terbesarnya adalah, Barkley bakal memenangi Ali Dia Award 2018, sebuah penghargaan 'prestisius' untuk penipu ulung di dunia sepak bola, meski tidak dapat dipastikan siapa yang menyunting data di Wikipedianya.

Klik: Persija Kenalkan Jersey Baru
 
(KAU)


Video /