Gianluigi Buffon

Lima Penyelamatan Terbaik Buffon Bersama Italia

A. Firdaus    •    14 November 2017 18:43 WIB
timnas italia
Lima Penyelamatan Terbaik Buffon Bersama Italia
Gianluigi Buffon (Foto: AFP)

Jakarta: Akhir yang pahit harus dirasakan Gianluigi Buffon ketika memutuskan untuk pensiun dari timnas Italia. Buffon mengakhiri pengabdiannya setelah 20 tahun berada di bawah mistar gawang Gli Azzurri.

Keputusan bersejarah itu ia keluarkan usai Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. La Nazionale kalah agregat 0-1 atas Swedia dini hari tadi.

Buffon, seperti kita kenal adalah andalan di bawah mistar gawang Italia. Tak jarang penyelamatan-penyelamatan hebat ia lakukan demi menjaga kesucian gawang yang dikawalnya.

Klik di sini: Jawaban PSSI Soal Siapa Wakil Indonesia di Kompetisi Asia

Berbagai penghargaan pun ia dapatkan. Baik secara tim maupun individu. Prestasi terbesarnya adalah dengan membawa Italia menjadi juara dunia 2006 di Jerman lalu.

Sedangkan secara individu, ia baru saja menjadi kiper terbaik dunia pilihan FIFA. Sayang, tekadnya untuk pensiun dengan cara manis,-Italia juara Piala Dunia 2018- tak terwujud. Bahkan ia harus memutuskan pensiun setahun lebih cepat dari rencananya.

Sebagai penghargaan dari buah pengabdian kiper kawakan Juventus itu, Metrotvnews.com coba mereview kembali beberapa penyelamatan yang dilakukan mantan suami model Republik Ceko, Alena Seredova tersebut.

1) Italia vs Uruguay Piala Dunia 2014 
Tiga tahun lalu pertarungan menentukan dijalani Italia demi bisa lolos ke fase knock out. Mereka harus menang menghadapi Uruguay pada laga terakhir. 

Buffon yang menjadi kapten tim, bermain apik di bawah mistar gawang Italia. Termasuk menganulir peluang yang dimiliki Luis Suarez dengan kaki kanannya. 

Sayang buah keperkasaan kiper yang dijuluki Super Gigi ini tak membantu membawa Italia melangkah lebih maju, setelah Uruguay mampu mencetak gol tunggal Diego Godin pada menit ke-81.

Meski Italia tak lolos, atas penampilan apiknya Buffon diganjar pemain terbaik pada laga yang yang berlangsung 24 Juni 2014 lalu.

2) Italia vs Prancis Piala Eropa 2008
Italia tergabung bersama Prancis di grup C Piala Eropa 2008. Ketika itu mereka sudah unggul 0-2 dari Prancis.

Les Bleus coba mencari gol untuk memecah kebuntuan. Salah satunya melalui bola hasil tendangan dari jarak 25 meter yang dilesakkan Karim Benzema. Namun Buffon punya rencana lain, bola tersebut berhasil ditampar olehnya dan mengamankan kemenangan 2-0, sekaligus menjadi runner up grup C di bawah Belanda.

3) Italia vs Paraguay Laga Persahabatan 1998
Mencoba menilik jauh ke belakang, Buffon muda mencuri perhatian ketika mengawal gawang Azzurri pada laga persahabatan 22 April 1998. Ketika itu Italia ditantang Paraguay di Stadion Ennio Tardini.

Buffon yang masuk di babak kedua menggantikan Angelo Peruzzi, tampil gemilang dengan menepis salah satu peluang yang didapat dari Paraguay. Ia mampu menepis peluang dari pemain Paraguay, meski sempat mati langkah. Dan mampu mengamankan kemenangan 3-1 Italia atas Paraguay.

Klik di sini: Evan Dimas Hengkang ke Selangor, Manajer Bhayangkara: Sepertinya Begitu!

4) Italia vs Jerman Piala Dunia 2006
Ini adalah pertandingan yang mengakhiri harapan gelar juara Jerman di kandang mereka. Italia menantang Der Panzer pada semifinal Piala Dunia 2006. 

Lukas Podolski yang mendapatkan ruang tembak mengerahkan sepakan bolanya via kaki kirinya. Tapi sarung tangan Buffon cukup untuk menetralisir dan membuat bola terpental menjauhi mulut gawang. 

Jerman pun harus tersingkir setelah melalui perpanjangan waktu 2X15 menit dengan skor akhir 0-2, yang sekaligus membawa Italia ke final dan menantang Prancis pada laga pamungkas.

5) Italia vs Prancis Piala Dunia 2006
Ini adalah pertandingan yang intens. Final Piala Dunia, Italia ditantang Prancis dan terlibat pertempuran yang menegangkan. Pasalnya, dalam 2X45 menit, kedua tim harus menyudahi laga 1-1.

Pada perpanjangan waktu, Willy Sagnol berlari dari sayap kanan dan mengirimkan bola ke arah Zinedine ZIdane. Melalui kepalanya, Zizou menanduk yang sayangnya ditinju dengan cekatan oleh Buffon. Italia pun akhirnya berhasil juara setelah menang adu penalti.

Evan Dimas Tinggalkan Bhayangkara FC
 


(ACF)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /