Timnas Italia

Pembelaan Buffon untuk Ventura

Patrick Pinaria    •    08 Oktober 2017 23:49 WIB
timnas italiakualifikasi piala dunia 2018
Pembelaan Buffon untuk Ventura
Gianluigi Buffon (Foto: AFP/Marco Bertorello)

Metrotvnews.com, Turin: Performa timnas Italia sedang menjadi sorotan menyusul hasil tak memuaskan dalam beberapa laga terakhir di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Gian Piero Ventura lantas menjadi sasaran kritik karena dianggap tidak mampu memadukan skuatnya dan menerapkan strategi pas untuk Gli Azzurri.

Salah satu hal paling dikritik adalah strategi 4-2-4 yang diterapkan Ventura untuk timnas Italia. Sebab, strategi tersebut dianggap tidak pas untuk Italia. Apalagi, mereka menuai kekalahan dari Spanyol dengan skor 0-3 dan ditahan imbang Macedonia dengan skor 1-1 ketika memakai strategi tersebut.

Kedua hasil tidak memuaskan itu pula yang membuat Italia gagal memastikan tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2018. Kini, mereka harus melewati babak play-off karena dipastikan hanya bisa finis di peringkat kedua klasemen grup G .

Baca: Indra Sjafri Senang Timnya Menang dengan Bermain Rapi

Selain itu, Ventura juga mendapat kritik dalam melakukan seleksi pemain. Hal yang paling dikritik adalah keputusannya tidak pernah memanggil gelandang Napoli Jorginho dan bintang Toronto Sebastian Gionvinco.

Kiper timnas Italia Gianluigi Buffon mencoba membela Ventura. Ia menyebut kebijakan yang dilakukan Ventura sudah tepat untuk timnas Italia.

"Baru-baru ini, berita olahraga paling populer adalah menyerang Ventura dan saya tidak sependapat. Akan lebih baik kami menang. Tetapi, kami tidak akan banyak berubah setelah bagaimana pertandingan kami dianalisis," ujar Buffon.

Baca: Timnas Indonesia U-19 Lanjutkan Pemusatan Latihan di Cikarang

"Ini bukan ekspresi terbaik tim kami. Kami tampil buruk pada babak kedua saat melawan Macedonia dan saya tidak tahu kenapa. Mengingat, mereka bermain dengan cara yang sama. Jika mereka menciptakan masalah bagi kami, itu adalah kesalahan tim," sambungnya.

"Saya harus membawa Italia ke Piala Dunia. Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk mewujudkannya," tutur Buffon.

Italia masih akan menjalani satu pertandingan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup G. Satu pertandingan itu adalah melawan Albania pada Selasa 10 Oktober dini hari WIB. (Soccerway)


Video: Hadapi Thailand, Indra Sjafri Bakal Lakukan Rotasi Pemain

 


(PAT)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /